Ini Penyebab Rambut Rontok, Tak Cuma karena Salah Sampo Saja Lho!

Coba kenali lebih dalam penyebab rambut rontok selama ini.

Suara.Com
Ririn Indriani | Kintan Sekarwangi
Ini Penyebab Rambut Rontok, Tak Cuma karena Salah Sampo Saja Lho!
Ilustrasi rambut rontok. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Tak hanya kulit, namun rambut juga mempunyai sel-sel mati yang menyebabkan rambut rontok setiap harinya. Tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa penyebab rambut rontok yang bisa saja selama ini tidak disadari.

Dilansir dari laman Healt Line, rambut mati akan rontok setiap harinya sekitar 50-100 helai. Namun, jika lebih dari itu sepertinya ada masalah yang harus diperbaiki.

Bisa jadi masalah pada kulit kepala atau juga penggunaan sampo yang salah. Selain itu bisa juga, karena sering keramas. Memang disarankan untuk tidak keramas setiap hari, tetapi paling tidak 2-3 hari sekali.

Namun, siapa yang bisa bertahan dengan cuaca panas dan aktivitas padat yang membuat kulit kepala menjadi berkeringat. Kalau sudah begini, memang sangat wajar bila Anda sangat ingin keramas setiap hari.

Selain beberapa faktor tersebut, ternyata masih ada penyebab rambut rontok selain salah sampo dan keramas setiap hari. Apa saja ya?

Ilustrasi rambut rontok. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi rambut rontok. (Sumber: Shutterstock)

Faktor keturunan

Rambut rontok ternyata juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Hal ini biasanya timbul pada saat memasuki usia lanjut atau ada pattern tertentu. Misalnya, rambut cenderung menipis pada hairline atau bald spot di tengah-tengah yang juga dialami para pria.

Faktor hormon

Kondisi ini disebabkan adanya perubahan hormon pada tubuh, terutama pada saat masa hamil, usai melahirkan, dan memasuki masa menopause. Selain itu, perubahan hormon juga bisa timbul pada pasien-pasien yang mengalami penyakit tiroid dan alopecia areata yang mengakibatkan kebotakan setengah-setengah.

Jadi, sangat disarankan untuk memeriksakan diri kepada ahli khusus kulit dan rambut agar Anda langsung bisa tahu apa yang menyebabkan kebotakan dan rambut rontok.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini