Tasya Kamila Alami Lecet saat Menyusui, Ini Penyebab Payudara Luka

Tasya Kamila bercerita merasakan lecet dan perih saat menyusui anak pertama.

Suara.Com
Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Tasya Kamila Alami Lecet saat Menyusui, Ini Penyebab Payudara Luka
Pasangan artis Randi Bachtiar dan Tasya Kamila. [Matamata.com/Suci Febriastuti]

Suara.com - Setelah melahirkan anak pertama, Tasya Kamila tengah menikmati kesehariannya sebagai seorang ibu yang merawat dan mengasihi anaknya.

Tasya Kamila dan Randi Bachtiar pun baru saja menggelar acara akikah anak pertamanya, Arrasya Wardhana Bachtiar di kediamannya, kawasan Cinere, Minggu (19/5/2019) kemarin.

Dalam acara tersebut Tasya Kamila sempat menceritakan pengalaman pertamanya menyusui. Tasya Kamila cukup menikmati perannya sebagai ibu memberi ASI meski payudaranya terluka.

"Cuma ya kita jalanin dengan ikhlas, tetap semangat mau memberikan nutrisi yang terbaik buat anak. Senang juga kan lihat anak kenyang ASI. Jadi kan tetap semangat meskipun luka-luka, lecet-lecet, perih-perih," ujar Tasya Kamila.

Perlu diketahui kondisi payudara atau puting yang lecet adalah hal yang wajar terjadi saat ibu sedang aktif menyusui. Hal itu terjadi karena adanya gesekan atau tekanan yang konstan pada tempat sama secara terus menerus.

Ilustrasi ibu Menyusui. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu Menyusui. (Shutterstock)

Biasanya, bagian yang akan mengalami luka atau lecet saat menyusui yakni payudara, puting maupun areola. Melansir dari verywellfamily.com, payudara atau puting lecet saat menyusui pun bisa disebabkan oleh berbagai hal.

1. Posisi menyusui yang salah

Ketika posisi bayi anda salah saat menyusui, hal tersebut akan membuat payudara atau puting mengalami lecet saat menyusui.

Hal itu karena, bisa jadi payudara atau puting tidak masuk dengan benar ke mulut bayi. Jika ini terus terjadi, bisa menyebabkan luka lecet.

2. Gesekan pompa payudara

Penggunaan pompa payudara yang tidak tepat juga bisa menyebabkan iritasi dan luka pada payudara atau puting susu.

Hal ini bisa terjadi karena pompa payudara yang tidak sesuai dengan bentuk maupun ukuranmu, kesalahan posisi pompa atau memompanya terlalu kencang.

Tasya Kamila Alami Lecet saat Menyusui, Ini Penyebab Payudara Luka - 2
Ibu menyusui. (Shutterstock)

3. Bra yang tidak sesuai

Perlu diketahui bahwa ibu mestinya mempunyai bra khusus selama masa menyusui, termasuk Tasya Kamila.

Sebab jika bra terlalu besar, akan terjadi gesekan pada kulit yang membuat lecet. Jika bra terlalu ketat, juga bisa memberi tekanan berlebihan pada payudaramu yang mengakibatkan luka.

4. Saluran susu tersumbat

Melansir dari kellymom.com, saluran susu yang tertutup epidermis dan memicu respons peradangan bisa menyebabkan lecet pada puting atau payudara.

Karena kondisi ini membuat ASI sulit keluar dan bayi akan menyedot lebih kuat sampai bisa menyebabkan puting sakit karena luka.

5. Sariawan ragi

Sariawan ragi juga bisa menyebabkan payudara atau puting lecet seperti yang dialami Tasya Kamila. Biasanya muncul seperti bintik-bintik putih yang menghalangi satu atau lebih saluran susu.

Jika anda memiliki lebih dari satu bagian yang lecet dan bersamaan, waspadalah bahwa itu karena infeksi ragi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini