Ustaz Arifin Ilham Sempat Kanker Getah Bening, Cegah Pakai 2 Rempah Ini!

Bawang putih dan jahe adalah bumbu dapur yang mampu menurunkan risiko kanker getah bening seperti yang juga diderita Ustaz Arifin Ilham.

Suara.Com
Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Ustaz Arifin Ilham Sempat Kanker Getah Bening, Cegah Pakai 2 Rempah Ini!
Pimpinan Majelis Azzikra KH Muhammad Arifin Ilham dengan didampingi putranya Muhammad Amer Azzikra (kedua kanan) dan Muhammad Alvin Faiz (ketiga kanan) menyalami jemaah ketika hendak meninggalkan Apartemen Mansion One di George Town, Penang, Senin (28/1). ANTARA Foto/Agus Setiawan

Suara.com - Meninggalnya ulama kondang Ustaz Arifin Ilham tengah menjadi sorotan publik di media sosial. Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia kemarin malam, Rabu (22/5/2019) malam, pada sekitar pukul 23.40 waktu Malaysia.

Seperti yang diketahui, Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia setelah cukup lama melawan kanker nasofaring dan getah bening yang dideritanya.

Selain kanker nasofaring yang mematikan, kanker getah bening juga bisa menjadi ganas jika tidak ditangani dengan baik dan benar.

Kanker getah bening adalah kondisi ketika sistem limfatik tubuh kita terserang kanker ganas. Padahal sistem limfatik itulah yang menjadi sistem drainase internal tubuh manusia untuk membersihkan darah dari limbah dan racun.

Kanker jenis ini bisa menjadi lebih parah seiring berjalannya waktu. Dalam tingkatan paling buruk, kanker getah bening juga bisa merenggut nyawa penderitanya.

Ustaz Arifin Ilham. [Instagram]
Ustaz Arifin Ilham. [Instagram]

Di sisi lain, kanker kelenjar getah bening ini juga bisa menyerang siapa pun tanpa memandang usia. Oleh karena itu, menjaga diri agar terhindar dari kanker sangat penting.

Melansir dari sunwarrior.com, bawang putih dan jahe menjadi dua bumbu dapur yang sangat baik untuk mencegah kanker getah bening sekaligus meningkatkan sistem limfatik.

Bawang putih meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan memerangi mikroba berbahaya. Manfaat luar biasa itulah yang mampu meningkatkan sirkulasi dan membantu membersihkan racun.

Begitu pula dengan jahe yang memiliki efek menguntungkan pada pencernaan dan sirkulasi, dua sistem yang terikat langsung pada sistem limfatik.

Pada dasarnya dilansir dari onegreenplanet.org, semua rempah-rempah atau bumbu dapur rumahan memiliki manfaat luar biasa untuk membersihkan dan menjaga kesehatan tubuh.

Ilustrasi bumbu dapur untuk cegah getah bening (shutterstock)
Ilustrasi bumbu dapur untuk cegah getah bening (shutterstock)

Tak hanya jahe dan bawang putih, sejumlah bumbu dapur lainnya juga mengandung antioksidan yang sangat diperlukan otak sekaligus membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik.

Dua hal tersebut sangat berkaitan dengan baik atau tidaknya aliran getah bening dalam tubuh. Namun, dalam kondisi ini bawang putih dan jahe memang memegang peranan kuat untuk mencegah kanker getah bening.

Bawang putih memiliki sifat antiradang dan antimikroba yang mampu meredakan bengkak sekaligus menurunkan risiko terkena tumor maupun kanker.

Sementara itu, jahe mampu menghambat pertumbuhan sel tumor dan sel kanker dalam tubuh. Oleh karena itu, jahe menjadi bumbu dapur yang direkomendasikan untuk mencegah kanker getah bening.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini