Kenakan Bra Terlalu Ketat, Ini Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi!

Tahukah Anda jika memakai bra secara ketat bisa sebabkan kanker payudara

Suara.Com
Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Kenakan Bra Terlalu Ketat, Ini Masalah Kesehatan yang Bisa Terjadi!
Ilustrasi bra. (Shutterstock)

Suara.com - Untuk setiap wanita, payudara merupakan bagian penting dari tubuh mereka, yang membantu menciptakan daya tarik feminin. Juga ketika menjadi ibu, ASI adalah satu-satunya sumber makanan dan obat untuk sang anak.

Sang anak akan sepenuhnya bergantung pada ASI, oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga kesehatan payudara. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bra yang sesuai dengan ukuran.

Menggunakan ukuran bra yang salah sangat berpengaruh terhadap payudara dan bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Selain itu, saat Anda mengenakan bra ukuran bra yang salah, Anda tidak akan memiliki tampilan yang ramping dan elegan yang Anda inginkan.

Terlebih jika Anda menggenakan bra yang ukurannya lebih kecil, yang pada akhirnya akan membuatnya mengetat saat dipakai. Hal ini tentu akan menimbulkan berbagai masalah.

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Universitas Harvard telah mengaitkan penggunaan bra ketat dengan kanker payudara.

Ini karena mengenakan bra yang sangat ketat dapat membatasi sirkulasi darah dan juga dapat merusak jaringan getah bening.

Melansir penelitian yang dilansir Times of India, oksigen dan nutrisi yang dikirim ke sel akan lebih sedikit apabila mengenakan bra ketat.

Ini khususnya terjadi pada wanita yang memakai bra selama lebih dari 12 jam sehari dan bahkan saat tidur.

Studi ini juga menemukan bahwa wanita kelas menengah memiliki risiko kanker payudara yang lebih tinggi karena mereka bekerja lebih lama.

"Alasan utama mengapa bra yang sangat ketat buruk bagi kesehatan payudara adalah karena mereka membatasi aliran getah bening di payudara Anda," tutur Dokter Umum, Dr MD Mody.

"Biasanya cairan getah bening membersihkan bahan limbah dan racun lain dari payudara tetapi bra menghambat tindakan ini, sehingga racun dapat mulai menumpuk di payudara, dan itu dapat membantu kanker untuk berkembang."

Banyak ahli mengatakan bahwa banyak wanita percaya bahwa jika mereka mengikuti diet teratur dan berolahraga setiap hari, peluang mereka terkena kanker payudara berkurang.

Menurut ginekolog, Dr Smiti Kamath, “Banyak wanita yang datang kepada saya adalah orang yang sangat sadar kesehatan, yang berolahraga secara teratur.
"
"Mereka terkejut ketika diberitahu bahwa sirkulasi limfatik di banyak jaringan (terutama limfatik primer) sangat tergantung pada gerakan.

"Mengenakan bra, terutama yang menyempit dengan underwires, dan terutama ke tempat tidur, mencegah aliran limfatik normal dan kemungkinan menyebabkan anoksia (kandungan oksigen lebih rendah dari normal), yang telah dikaitkan dengan fibrosis, yang pada gilirannya telah dikaitkan dengan peningkatan kanker risiko," katanya.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini