Makan Buah Anggur Sebulan Penuh, 5 Hal ini Akan Terjadi Pada Tubuh!

Mengonsumsi buah anggur segala jenis selama sebulan penuh akan membuat tubuh merasakan 5 manfaat tak terduga.

Suara.Com
Dinar Surya Oktarini | Shevinna Putti Anggraeni
Makan Buah Anggur Sebulan Penuh, 5 Hal ini Akan Terjadi Pada Tubuh!
Ilustrasi makan buah anggur selama 1 bulan (Shutterstock)

Suara.com - Anggur salah satu buah yang memiliki banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Baik buah anggur merah, hijau atau ungu.

Buah anggur kaya kandungan kalium, karbohidrat, protein, vitamin A, C, B6, kalsium, zat besi dan magnesium yang baik untuk tubuh.

Jika kita mengonsumsi buah anggur selama 1 bulan penuh, kita akan merasakan manfaat yang luar biasa pada tubuh.

Melansir dari foodprevent.com, kita bisa cek kondisi kesehatan tubuh kita setelah mengonsumsi buah anggur segala jenis selama sebulan.

1. Kondisi jantung lebih sehat

Buah anggur yang memiliki antioksidan sangat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Apalagi buah anggur juga mengandung polifenol yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Ilustrasi makan buah anggur (Shutterstock)
Ilustrasi makan buah anggur (Shutterstock)

Sebuah penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Boston menemukan kandungan polifenol dalam buah anggur dapat mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat), menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan.

Para peneliti pun menyimpulkan buah anggur sangat baik jika dikonsumsi setiap hari untuk mengurangi risiko terserang penyakit kardiovaskular yang mematikan.

2. Meningkatkan sistem pencernaan

Anggur yang juga mengandung serat sangat baik untuk menjaga sekaligus meningkatkan sistem pencernaan agar lebih baik.

Perlu diketahui bahwa kandungan serat dalam buah anggur ini tidak larut. Serat buah anggur akan tetap utuh saat bergerak melalui usus dan kandungan airnya menjadi komponen utama menjaga pencernaan tetap sehat.

3. Ginjal lebih sehat

Khususnya anggur merah dan ungu yang kaya antioksidan yang bermanfaat menjaga kesehatan ginjal. Sebab kandungan di dalamnya berfungsi memerangi radikal bebas yang bisa menyerang ginjal dan menyebabkan infeksi penyakit.

The National Kidney Foundation pun merekomendasikan agar semua orang mengonsumsi setidaknya 15 buah anggur setiap harinya demi menjaga kesehatan ginjal.

4. Terlindungi dari kanker

Kandungan antioksidan dalam buah anggur juga memiliki fungsi menangkal kanker, khususnya kanker payudara. Kandungan polifenol seperti resveratol memiliki sifat anti-inflamasi bersama dengan kemampuan antioksidannya.

Penelitian juga telah menunjukkan bahwa suplementasi resveratol memang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko kanker.

5. Mengatasi dan menghindari asma

Penelitian telah mencari tahu hubungan konsumsi buah anggur dengan masalah pernapasan seperti asma. Hasil yang diterbitkan dalam jurnal Nutrien menyatakan bahwa buah-buahan seperti anggur berperan penting dalam mencegah dan mengobati asma.

Sebuah penelitian tahun 2007 silam juga menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak makan buah anggur berisiko lebih kecil menderita asma dan sebaliknya mereka yang jarang atau hampir tidak pernah makan anggur.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini