4 Kombinasi Makanan Ini Ternyata Buruk, Termasuk Minum Teh dan Kue!

Berikut ini 4 kombinasi makanan yang ternyata buruk dan menghilangkan manfaatnya, termasuk minum teh sambil nyemil kue.

Suara.Com
Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
4 Kombinasi Makanan Ini Ternyata Buruk, Termasuk Minum Teh dan Kue!
Ilustrasi minum teh panas dan kue atau roti (Pixabay/pompi)

Suara.com - Sering kali kita menggabungkan dua jenis makanan dan minuman tanpa memikirkan keduanya cocok dikonsumsi bersamaan atau tidak.

Sejumlah orang mungkin juga tidak terpikirkan efek samping karena asal menggabungkan dua jenis makanan dan minuman.

Sebuah penelitian yang dilansir dari Daily Mail, bahwa makanan dan minuman yang kita pilih pasti akan memberikan efek pada energi tubuh.

Begitu pula ketika kita menggabungkan dua atau lebih makanan dan minuman. Gabungan bermacam-macam makanan dan minuman itu bisa menjadi pilihan baik maupun buruk, termasuk membuat berat badan naik.

Jika ingin makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak membuat berat badan naik, kuncinya adalah konsumsi makanan yang membuatmu kenyang lebih lama.

Ilustrasi masakan kombinasi daging sapi dan kacang-kacangan (Pixabay/guvo59)
Ilustrasi masakan kombinasi daging sapi dan kacang-kacangan (Pixabay/guvo59)

Adapun beberapa macam kombinasi dua makanan atau lebih yang sering dilakukan, tetapi buruk bagi kesehatan tubuh.

1. Croissant dan jus buah

Kombinasi makanan dan jus ini kaya karbohidrat yang cepat dicerna dan berdampak pada energi serta rasa lapar. Karena dua makanan dan minuman ini membuat kadar gula darah cepat naik dan turun.

Kita harus menambah protein dan serat lain untuk membantu mengurai karbohidrat. Kita juga bisa mengganti jus buah dengan smoothie yang terbuat dari gandum dan lebih banyak protein.

2. Daging sapi dan kacang-kacangan

Gabungan daging sapi dan kacang-kacangan ini akan menghasilkan makanan kaya zat besi dan senyawa fifat.

Phytate yang dihasilkan dari kacang-kacangan ini dapat mengikat zat besi dalam usus dan mencegah penyerapannya. Tetapi, jika kamu termasuk orang yang kaya zat besi maka tak masalah dalam menangkal efek phytate.

Karena itu, bagi mereka dengan rendah zat besi lebih baik menggabungkan daging sapi dengan sayuran seperti jamur atau paprika yang membantu penyerapan zat besi.

3. Teh dan kue atau roti

Banyak orang senang menyeduh teh hangat dengan camilan kue atau roti di pagi hari maupun sore. Tetapi, kombinasi antara teh dan kue ternyata bukan pilihan terbaik.

Roti dan kue memang termasuk makanan manis menyehatkan karena mengandung zat besi yang baik bagi tubuh. Tetapi, senyawa dalam teh yang disebut tanin bisa menyerap zat besi dari kue atau roti ini.

Gabungan teh dan kue atau roti mungkin tak akan jadi masalah bagi kalian yang memiliki kadar zat besi baik dalam tubuh. Tetapi, sebaliknya bagi mereka dengan zat besi rendah, lebih baik menggantinya dengan minuman jahe.

4. Ikan goreng dan keripik

Gabungan dua makanan ini justru menghasilkan hidangan yang penuh kalori, lemak dan lemak jenuh. Daripada keripik, kita bisa mengonsumsi ikan dengan kentang rebus atau panggang yang juga sumber serat baik.

Pilih pula ikan salmon yang kaya omega 3 sekaligus bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Komentar

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini