Ternyata Makanan Kedaluwarsa Masih Boleh Dikonsumsi, Ini Penjelasannya!

Ternyata makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa masih bisa dikonsumsi asalkan kondisinya masih baik dan penyimpanannya benar.

Suara.Com
Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Ternyata Makanan Kedaluwarsa Masih Boleh Dikonsumsi, Ini Penjelasannya!
Ilustrasi makanan dan minuman kadaluarsa (Pixabay/27707)

Suara.com - Sering kali kita khawatir jika tak sengaja mengonsumsi makanan kedaluwarsa karena tidak memperhatikan tanggal pada kemasan.

Selain itu, kita juga menjadi lebih sering membuang makanan atau minuman yang belum habis, tapi sudah mencapai tanggal kedaluwarsa.

Hal tersebut karena beberapa orang mungkin masih khawatir jika keracunan atau menderita suatu penyakit akibat mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa.

Faktanya dilansir dari science.howstuffworks.com, tanggal yang tertera pada kemasan makanan atau minuman tidak ada hubungannya dengan aman atau tidaknya jika masih dikonsumsi.

Perlu dipahami lebih dulu penulisan tanggal kedaluwarsa dalam kemasan ditujukan untuk konsumen atau produsen.

Ilustrasi makanan dan minuman kadaluarsa (Pixabay/itkannan4u)
Ilustrasi makanan dan minuman kadaluarsa (Pixabay/itkannan4u)

1. Baik dijual sebelum tanggal, ini sebenarnya ditujukan kepada pengecer untuk menginstruksikan berapa lama produk tersebut baik untuk ditampilkan di rak toko sebagai tujuan pemasaran.

2. Baik dikonsumsi hingga tanggal, ini menunjukkan bahwa makanan atau minuman tersebut mencapai puncak terbaik atau kesegarannya pada tanggal tersebut dan kita masih bisa mengonsumsinya lewat tanggal yang tertera.

3. Baik dikonsumsi sebelum tanggal, ini menunjukkan bahwa kualitas produk mencapai puncak terakhirnya dan melewati tanggal tersebut kita tidak bisa mengonsumsinya.

Tanggal kedaluwarsa yang tertera pada produk makanan dan minuman tidak ada hubungannya dengan risiko keracunan.

Ilmuwan mengatakan tanggal kedaluwarsa pada makanan ditentukan berdasarkan pengamatan berapa lama makanan tersebut akan kehilangan kualitasnya, seperti kehilangan tekstur, rasa dan sebagainya.

Sehingga makanan yang lewat tanggal kedaluwarsa itu bukan berarti tidak baik untuk dikonsumsi. Kita bisa memperhatikan dari penampilan, warna maupun baunya kira-kira masih aman dikonsumsi atau tidak.

Produk tersebut akan cepat atau lambat kedaluwarsanya juga ditentukan dari cara kita menyimpannya. Sebab, penyimpanan yang tidak tepat juga akan mempercepat makanan atau minuman tersebut kedaluwarsa.

Contohnya, jika kita membeli telur atau buah-buahan segar seperti apel. Ada baiknya untuk segera menyimpannya di kulkas agar makanan tersebut bisa bertahan lebih lama.

Tapi, perlu dipahami pula bahwa tidak semua makanan bisa disimpan di dalam kulkas agar tidak cepat kedaluwarsa.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini