Penelitian: Cacar Air Bisa Turunkan Risiko Kanker Otak Jenis Glioma

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jika seseorang terkena cacar air, risiko mengidap kanker otak jenis tertentu akan menurun.

Suara.Com
Dinar Surya Oktarini | Rosiana Chozanah
Penelitian: Cacar Air Bisa Turunkan Risiko Kanker Otak Jenis Glioma
Ilustrasi kanker otak (Pixabay/VSRao)

Suara.com - Cacar air, meskipun 'penyakit anak-anak' ini sangat menganggu, tapi ternyata penyakit yang disebabkan oleh virus ini memiliki manfaat jangka panjang.

Dalam sebuah penelitian yang dipimpin oleh para peneliti di Dan L Duncan Comprehensif Cancer Center di Baylor College of Medicine, Texas, melaporkan hubungan terbalik antara riwayat cacar air dan jenis kanker otak glioma.

Artinya, anak-anak yang terkena cacar air memiliki risiko kecil untuk mengidap kanker otak tersebut.

Glioma merupakan jenis tumor otak berasal dari sel glial yang mengelilingi dan mendukung neuron di otak, termasuk astrosit, oligodendrosit, dan sel ependymal, melansir Hopkins Medicine.

Tumor otak ini disebut tumor intra-aksial karena mereka tumbuh di dalam substansi otak dan sering bercampur dengan jaringan otak normal.

Ilustrasi pemeriksaan tumor otak. [Shutterstock]
Ilustrasi pemeriksaan tumor otak. [Shutterstock]

Ada beberapa jenis Glioma, jika dilihat dari aktivitas sel dan agresivitasnya, yaitu Pilocytic astrocytoma, glioma tingkat rendah, glioma ganas dan yang paling ganas adalah Glioblastoma Multiforme (GBM).

Dalam studi yang diterbitkan pada Cancer Medicine ini mengungkapkan cacar air menurunkan risiko glioma sebesar 21%, bahkan terhadap glioma paling ganas.

"Ini memberikan lebih banyak indikasi bahwa ada beberapa manfaat perlindungan dari terkena cacar air. Keterikatan itu sepertinya bukan kebetulan," ujar Dr. Melissa Bondy, seorang McNair Scholar dan associate director untuk pencegahan kanker dan ilmu kependudukan di Baylor.

Di masa depan, para ilmuwan mungkin dapat menerapkan vaksin cacar air untuk penelitian kanker otak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini