4 Kebiasaan Buruk saat Hadapi Masalah, Bikin Stres Jadi Makin Buruk

Ini kebiasaan buruk saat hadapi masalah yang bikin stres hingga depresi datang.

Suara.Com
Silfa Humairah Utami
4 Kebiasaan Buruk saat Hadapi Masalah, Bikin Stres Jadi Makin Buruk
Ilustrasi banyak merenungkan masalah hingga overthinking. (Shutterstock)

Suara.com - 4 Kebiasaan Buruk saat Hadapi Masalah, Bikin Stres Jadi Makin Buruk.

Tidak ada orang yang tidak punya masalah. Baik itu masalah di keluarga, kampus, tempat kerja hingga masalah dengan pacar atau teman.

Namun, tidak sedikit orang yang memperkeruh masalahnya hingga membuat ia stres. Bukannya menyelesaikan masalah, malah depresi bisa datang dan membuat Anda kehilangan minat terhadap apapun termasukA sesuatu yang Anda sukai.

Jadi sebelum suatu masalah membuat Anda stres bahkan hingga depresi, berhentilah melakukan berbagai kebiasaan buruk yang dapat memperburuh kesehatan mental Anda. 

Apa saja kebiasaan buruk saat stres yang tidak boleh Anda lakukan? Berikut dilansir Hello Sehat agar bisa Anda hindari.

1. Merenung

Merenung adalah kebiasaan buruk saat stres yang mungkin sering Anda lakukan. Hal yang wajar jika Anda memikirkan masalah yang Anda hadapi saat ini. Merenung memang seharusnya bertujuan untuk memahami situasi yang sedang Anda hadapi lebih dalam lagi.

Namun, terkadang Anda justru terjebak dalam pikiran yang sebenarnya negatif dan justru tidak produktif. Anda terus merenungkan masalah yang terjadi dan terus berpikiran negatif, ketika Anda terjebak dalam situasi seperti ini, Anda hanya bisa berfokus pada apa yang salah dibandingkan dengan apa yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki atau menyelesaikan masalah ini. Jadi ingat, merenung itu boleh, tapi tentukan batasannya. Tidak perlu merenung sampai berlarut-larut.

2. Kurang tidur

Memikirkan masalah terkadang membuat Anda jadi sulit tidur. Padahal, kurang tidur justru hanya memperburuk kondisi Anda baik secara fisik maupun psikis. Anda hanya terus menerus merasa tertekan sepanjang malam.

Kebiasaan buruk saat stres ini membuat fungsi kognitif Anda menurun tajam dan membuat Anda tidak bisa berpikir dengan jernih bagaimana cara menyelesaikan masalah.

Stres memang bisa memengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Karenanya, cobalah untuk tidak menonton televisi atau menggunakan gawai (gadget seperti laptop, ponsel, dan tablet) sebelum jam tidur, tidurlah pada waktu yang sama setiap malam, dan gelapkan pencahayaan kamar tidur Anda. Hal-hal tersebut bisa membantu Anda tidur nyenyak.

3. Diam saja alias pendam masalah

Tahukah Anda bahwa curhat bisa menjadi ‘obat’ penghilang stres. Ketika Anda mengalami masa-masa stres, dukungan emosional, yaitu bantuan secara psikis dari orang-orang yang menyayangi Anda bisa menjadi penolong dalam menghadapi macam-macam tantangan.

Saat Anda sedang dalam kondisi ini, Anda bisa melihat sebuah hubungan, entah itu persahabatan maupun keluarga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hubungan baik ini membantu Anda untuk menghadapi respon fight or flight (melawan atau melarikan diri).

Fight or flight yaitu reaksi fisiologis maupun psikologis yang muncul apabila seseorang menghadapi bahaya yang mengancam dirinya. Stres dapat terjadi apabila seseorang tidak dapat mengatasi masalah karena tekanan yang dialami dan tidak dapat mengambil tindakan fight or flight. Respon ini akan mendorong Anda terhubung dengan orang lain dan berbagi dukungan.

Sebaliknya, hubungan yang bertentangan dengan Anda hanya membawa dampak buruk terhadap kesehatan Anda karena memicu konflik. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuang hubungan yang tidak perlu untuk menjaga kehidupan Anda tetap sehat.

4. Menyibukkan diri

Jika Anda berpikir menyibukkan diri dengan jadwal yang Anda buat bisa menghilangkan stres Anda, Anda keliru. Membuat jadwal yang terlampau sibuk adalah salah satu kebiasaan buruk saat stres yang penting untuk Anda hindari.

Bila Anda terlalu sibuk, meskipun jadwal dipenuhi dengan hal-hal menarik, tetap saja Anda bisa merasa stres karena kurangnya waktu istirahat. Jadwal yang penuh dengan kegiatan yang cenderung menekan Anda, bisa semakin menguras tenaga.

Jika ada seseorang yang meminta waktu Anda di saat yang tidak tepat, cobalah belajar untuk mengatakan tidak. Cek jadwal Anda dan hapus kegiatan yang sebenarnya Anda tidak butuhkan. Anda bisa gunakan waktu ini untuk beristirahat dan berpikir jernih.

Hindari lakukan hal di atas agar suatu masalah tidak membuat stres semakin buruk. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini