Baru Ulang Tahun, 3 Makanan Favorit BJ Habibie Ini Bikin Otak Cerdas

Tak hanya belajar tekun dan pekerja keras, BJ Habibie ternyata suka makan makanan yang bisa mempengaruhi kecerdasan otak, apa saja?

Suara.Com
Ririn Indriani | Silfa Humairah Utami
Baru Ulang Tahun, 3 Makanan Favorit BJ Habibie Ini Bikin Otak Cerdas
BJ Habibie baru saja ulang tahun yang ke-83, pada Selasa, 25 Juni 2019. (Twitter @bj_habibie)

Suara.com - Baru Ulang Tahun, 3 Makanan Favorit BJ Habibie Ini Bikin Otak Cerdas

Presiden ke-3 RI, Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang sering disapa BJ Habibie ini baru saja berulang tahun yang ke-83, kemarin, Selasa (25/06/2019). Hashtag HBDHabibie pun viral di Twitter mengucapkan selamat di hari kelahirannya tersebut.

Dikenal sebagai tokoh yang memiliki kecerdasan yang tinggi dan masih sehat, tentu selain kuncinya dari belajar yang tekun, kegigihan dan perjuangannya mearih sukses dan kedisiplinan dalam hidupnya, pola makan juga bisa mempengaruhi kecerdasannya.

Nah, berbicara soal makanan kesukaan BJ Habibie, ternyata sederet makanan favoritnya memang sehat dan sarat nutrisi yang dikenal bisa meningkatkan kecerdasan otak. Apa saja? Yuk, simak ulasannya. 

1. Ikan

Seperti kebanyakan orang Indonesia, BJ Habibie juga menyukai olahan ikan. Baik itu digoreng dan dibakar.

Sup Ikan. (Instagram/@susi.agung)
Sup Ikan. (Instagram/@susie.agung)

Sebagai orang Sulawesi Selatan, ia pun menyukai masakan olahan ikan khas Sulawesi yakni Sup Ikan.

Dilansir dari Boldsky, ikan merupakan sumber protein dan omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, termasuk otak.

Rutin mengonsumsi ikan juga disebut peneliti dapat mencegah Alzheimer, yaitu penyakit otak degeneratif yang biasanya mempengaruhi orang-orang di atas usia 60.

Penyakit ini menyebabkan degenerasi sel otak yang cepat dan menyebabkan kehilangan ingatan, kehilangan koordinasi dan keseimbangan tubuh, dan lainnya.

Studi yang dipublikasikan dalam The Journal of American Medical Association bahwa mengonsumsi ikan secara teratur dapat memperbaiki materi abu-abu otak manusia yang mencegah degenerasi sel otak dengan cepat. Sehingga, hal itu dapat mencegah Alzheimer.

Ilustrasi fillet ikan salmon. (Shutterstock)
Ilustrasi ikan salmon asam lemak kaya omega-3, yang sangat baik bagi kesehatan otak. (Shutterstock)

Selain itu, ikan juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal Of Cardiology bahwa asam lemak dan omega-3 yang terkandung dalam ikan dapat menjaga kesehatan jantung, mengurangi pembekuan darah, dan menurunkan tekanan darah. Sehingga dengan mengonsumsi ikan secara teratur dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Ada pula penelitian yang mengungkapkan bahwa minyak yang terkandung dalam ikan dapat membantu meningkatkan kadar hormon serotonin pada otak. Hal itu dapat membantu mengobati dan mengurangi gejala depresi.

Manfaat lain, kandungan omega-3 pada ikan juga dapat menjaga kesehatan mata dan memberi nutrisi pada otot-otot dan saraf mata. Hal itu karena kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan.

Selanjutnya, sayuran yang juga merupakan makanan favorit BJ Habibie, ternyata bermanfaat pula bagi kesehatan otak, simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya chevron_right

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini