Membersihkan Rumah Bisa Ubah Mood dan Atasi Stres, Yuk Ikuti 5 Tipsnya

Apakah membersihkan rumah bisa ubah mood dan atasi stres?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami
Membersihkan Rumah Bisa Ubah Mood dan Atasi Stres, Yuk Ikuti 5 Tipsnya
Ilustrasi kegiatan bersih-bersih untuk atas stres. (Shutterstock)

Suara.com - Membersihkan Rumah Bisa Ubah Mood dan Atasi Stres, Yuk Ikuti 5 Tipsnya.

Stres bisa datang pada siapa dan kapan saja, baik karena dipicu masalah keluarga, pekerjaan hingga masalah dengan pasangan. 

Namun, sering kali stres malah membuat Anda tidak bergairah melakukan apa-apa saat di rumah. Padahal rumah yang bersih dan rapi bisa bikin penghuninya lebih semangat dan produktif dan memperbaiki mood.

Pasalnya membersihkan rumah yang berantakan dan kurang bersih justru bisa semakin membuat suasana hati baik.

Jadi yuk beres-beres rumah dengan cara berikut ini saat stres melanda agar mengubah suasana hati dilansir Hello Sehat:

1. Jangan menunda pekerjaan rumah

Dibandingkan menumpuk pekerjaan rumah, lebih baik mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kecil yang bisa langsung diselesaikan tanpa menundanya. Hal ini juga tidak membuat rumah Anda langsung terlihat berantakan.

Misalnya, langsung mencuci piring setelah selesai makan, atau menyapu dan mengepel rumah setiap hari agar kotoran pada lantai tidak menumpuk, sehingga meringankan Anda saat hendak membersihkan rumah secara keseluruhan.

Depresi memang dapat membuat Anda sedih dan tidak berenergi, namun jika Anda bisa meringankan beban diri Anda sendiri untuk membersihkan rumah, Anda justru akan merasa puas dan bangga terhadap diri sendiri akan hasil dari pekerjaan yang Anda lakukan.

2. Tetapkan target saat membersihkan rumah

Dengan menetapkan target setiap harinya, Anda akan membersihkan rumah dengan lebih efisien. Tidak perlu ngoyo dengan membersihkan seisi rumah sekaligus dalam satu hari, karena hal itu mungkin memberatkan bagi Anda saat sedang mengalami depresi. Tetapi tetapkan target, bagian rumah mana saja yang harus Anda bersihkan hari tersebut dan hari berikutnya.

Contohnya, hari ini Anda ingin membersihkan kamar mandi. Lalu, Anda membersihkan area dapur. Anda juga bisa mengelompokkan jenis pekerjaan yang ingin dikerjakan dalam satu hari. Misalnya, Anda ingin mencuci hari ini. Maka Anda bisa mencuci pakaian, mencuci sepatu, mencuci piring pada hari itu.

Saat sedang depresi, pekerjaan yang membutuhkan waktu sedikit dan lebih cepat selesai akan membantu Anda meningkatkan suasana hati. Sehingga, utamakan pekerjaan yang mudah terlebih dahulu agar membersihkan rumah saat depresi akan terasa jauh lebih ringan.

3. Tidak harus sempurna

Saat sedang stres, bisa ‘menyicil’ beres-beres rumah saja sudah menjadi hal yang baik. Jadi, jangan mengharapkan hasil yang sempurna. Sebab, jika dibiarkan, hal ini dapat membuat Anda semakin stres, apalagi jika hasil pekerjaan Anda tidak sesuai dengan harapan Anda.

Nikmati proses membersihkan rumah saat depresi dan maafkan diri Anda jika rumah Anda tidak sebersih yang Anda harapkan, karena faktanya, Anda sudah berusaha membersihkan rumah hari itu. Terkadang, ada pula bagian-bagian rumah yang memang tidak bisa dibersihkan hanya dalam satu hari.

Selain itu, tidak perlu berusaha menyelesaikan pekerjaan yang tidak ada pada target Anda. Misalnya, target Anda hari itu adalah menyetrika pakaian dan menyimpannya di dalam lemari. Bersyukurlah jika Anda bisa menyelesaikan hal itu. Namun, jangan stress jika Anda tidak berhasil membersihkan isi lemari yang penuh karena hal itu ada di luar target Anda.

4. Simpan alat dan bahan pembersih dengan baik

Saat stres apalagi depresi, Anda tentu kekurangan motivasi untuk membersihkan rumah. Hal ini akan semakin parah jika Anda tidak bisa menemukan alat dan bahan pembersih. Untuk memudahkannya, letakkan alat dan bahan pembersih sesuai dengan kegunaannya.

Dengan begitu, beres-beres rumah saat stres akan terasa lebih ringan, dan Anda tidak perlu mendorong diri Anda terlalu keras karena alat dan bahan pembersih sudah ada di depan mata.

5. Lakukan bersama keluarga

Jika Anda tinggal dengan keluarga Anda, tentu pekerjaan rumah akan semakin banyak. Namun, hal ini menandakan Anda tidak sedang sendirian dan Anda bisa mengajak keluarga Anda untuk ikut membersihkan rumah. Anda bisa membagi pekerjaan rumah sesuai dengan kemampuan anggota keluarga yang lain.

Selain meringankan beban, beres-beres rumah bersama-sama juga akan lebih menyenangkan dan tentu bikin hati lebih senang. Anda bisa membuat momen beres-beres rumah untuk menjalin ikatan dan mengasah kerja sama satu sama lain.

Misalnya, Anda meminta pasangan untuk membantu menjemur pakaian sementara Anda yang mencucinya. Atau minta si kecil untuk membantu mengelap meja di rumah dan Anda yang melakukan sisanya.

Jadi jangan biarkan waktu di rumah hanya diam saja karena stres saat rumah berantakan, karena membersihkan rumah bisa mengembalikan mood untuk mengatasi stres hingga depresi. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini