Kanker Otak Seperti Agung Hercules, Kenali 3 Jenis Pengobatannya

Secara medis, pengobatan kanker otak seperti yang dialami Agung Hercules terbagi menjadi tiga jenis. Apa saja?

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Kanker Otak Seperti Agung Hercules, Kenali 3 Jenis Pengobatannya
Agung Hercules saat ini tengah menjalani pengobatan kanker otak. [Instagram]

Suara.com - Kanker Otak Seperti Agung Hercules, Kenali 3 Jenis Pengobatannya

Kabar penyakit kanker otak yang dialami Agung Hercules mengingatkan kembali soal bahaya kanker. Siapapun, baik itu lelaki atau perempuan, bisa terserang kanker.

Agung Hercules pun kini sedang mendapat perawatan yang dirahasiakan oleh pihak keluarga. Berbicara soal pengobatan kanker otak, ada beberapa hal yang jadi pertimbangan.

Alodokter dalam rilisnya kepada wartawa menyebut pengobatan kanker otak dilakukan berdasarkan beberapa faktor, yaitu usia dan kondisi kesehatan penderita secara umum, juga lokasi, ukuran, dan jenis tumor. Pilihan tindakan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kanker otak, di antaranya adalah operasi, radioterapi, kemoterapi, atau kombinasi.

Operasi

Prosedur ini bertujuan untuk mengangkat tumor sebanyak mungkin dan meredakan gejala kanker otak. Umumnya, operasi dilakukan untuk membantu keberhasilan terapi lainnya. Terdapat beberapa metode operasi kanker otak, antara lain:

  1. Kraniotomi:
    Dokter akan membelah tulang dari rangka kepala pada lokasi tumor yang diketahui dari pemindaian. Setelah tumor diangkat, potongan tulang akan dipasang kembali menggunakan pengaman berupa briket logam kecil.
  2. Neuroendoskopi:
    Dalam prosedur ini, tumor akan diangkat melalui lubang kecil yang dibuat pada rangka kepala.
  3. Operasi melalui hidung (transsphenoidal surgery):
    Operasi ini dilakukan untuk mengangkat tumor pada kelenjar pituituri, tanpa melakukan pembedahan rangka kepala. Dalam, transsphenoidal surgery, dokter akan memasukkan selang berkamera melalui hidung pasien untuk memotong dan mengeluarkan tumor.

Selanjutnya: Radioterapi dan Kemoterapi

Selanjutnya chevron_right

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini