Sekilas Soal Stroke Batang Otak, Penyakit Rudy Badil Pendiri Warkop

Keterangan keluarga dan sahabat menyebut Rudy Badil meninggal karena mengalami stroke batang otak.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman
Sekilas Soal Stroke Batang Otak, Penyakit Rudy Badil Pendiri Warkop
Indro Wakrop dan Rudy Badil. [Instagram Indro warkop/@indrowarkop_managementofficial]

Suara.com - Sekilas Soal Stroke Batang Otak, Penyakit Rudy Badil Pendiri Warkop

Rudy Badil, salah satu pendiri grup lawak Warkop, meninggal dunia hari ini, Kamis (11/7/2019). Keterangan keluarga dan sahabat menyebut ia meninggal karena mengalami stroke batang otak.

"Innalillahi wa inna ilaihi raaji'un. Selamat beristirahat dengan tenang Mas Rudy Badil, doa terbaik kami sekeluarga besar Lembaga Warung Kopi Dono Kasino Indro untuk keluarga yang ditinggalkan," tulis Indro Warkop di laman instagramnya.

Dilansir laman Hello Sehat, stroke batang otak merupakan jenis stroke paling berbahaya. Sebabnya, batang otak merupakan pengendali hampir semua fungsi penting dalam tubuh, termasuk pernapasan, tekanan darah, hingga detak jantung.

Batang otak juga merupakan pusat kesadaran otak. Dengan kata lain, penurunan fungsi batang otak menandakan adanya penurunan kesadaran.

Mengalami stroke batang otak hampir pasti menyebabkan kematian. Jika selamat, pasien kemungkinan besar mengalami hemipelgia, lumpuh, ataupun koma.

Tak hanya itu, efek stroke pada batang otak juga bisa menyebabkan masalah pernapasan, tidak mampu mengendalikan suhu tubuh, serta terjadinya gangguan keseimbangan, gangguan bicara, dan gangguan penglihatan.

Sama seperti penyakit stroke lainnya, risiko stroke batang otak meningkat karena faktor gaya hidup tidak sehat, di antaranya:

Untuk mencegahnya, Anda perlu menurunkan faktor risiko, dengan cara melakukan gaya hidup sehat seperti:

Itulah sekilas fakta soal stroke batang otak seperti dialami Rudy Badil.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini