Dari Ponsel Hingga Stres Bisa Sebabkan Masalah Kulit, Kok Bisa?

Banyak hal yang dapat memengaruhi kondisi kulit kita.

Suara.Com
Dinar Surya Oktarini | Rosiana Chozanah
Dari Ponsel Hingga Stres Bisa Sebabkan Masalah Kulit, Kok Bisa?
Ilustrasi ruam kulit (pexels/jenna hamra)

Suara.com - Mulai dari pola makan hingga kebiasaan tidur, banyak hal yang dapat memengaruhi kesehatan kulit kita. Baik dalam hal positif maupun negatif.

Di sisi lain, ada banyak hal mengejutkan yang Anda tidak sadari ternyata dapat memengaruhi kesehatan kulit, berdasarkan dokter kulit yang dilansir dari INSIDER.

1. Keringat dapat menarik bakteri atau menyumbat pori-pori

Berolahraga dapat memberi manfaat bagi tubuh dan pikiran Anda, tetapi melewatkan mandi setelahnya tidak selalu baik untuk kulit Anda.

"Ketika keringat terlalu lama berada di tubuh, itu dapat menarik bakteri dan menyumbat pori-pori sehingga jika tidak dibilas dengan benar, [itu] dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap jerawat," ujar Dr. Marisa Garshick, seorang dokter kulit di New York City.

Ilustrasi jerawat bisa bikin jerawat muncul. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat (Shutterstock)

2. Menempelkan ponsel ke pipi dapat menyumbat pori-pori

"Kita sering mencuci wajah, tapi tidak dengan ponsel kita yang sering bersentuhan langsung dengan wajah, dan juga banyak hal lain termasuk tangan, saku, meja, dan tas kami," kata Garshick.

"Akibatnya, ponsel mengumpulkan kotoran dan kuman lain yang ketika ditempelkan di wajah dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan berjerawat."

Garshick mengatakan cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah meminimalkan penggunaan telepon dalam waktu lama di lokasi yang sama.

3. Kondisioner rambut bisa sebabkan jerawat punggung

"Salah satu penyebab tersembunyi untuk jerawat punggung, terutama pada wanita, dapat disebabkan oleh kondisioner yang dibilas dengan buruk sehingga dibiarkan menempel terlalu lama di punggung atas setelah mandi," Dr. Andrew Kim , dokter kulit di New Hampshire.

4. Panas dapat menyebabkan hiperpigmentasi

Jika Anda berurusan dengan kondisi kulit seperti melasma, panas dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Gejalanya muncul bintik-bintik gelap dan bercak pada kulit Anda, kata Matthew Molenda , seorang dokter kulit di Ohio.

Anda dapat terpengaruh oleh panas yang dirasakan saat berjemur atau bahkan panas yang Anda rasakan saat memasak makanan di dapur.

Jika memungkinkan, hindari menghabiskan waktu yang lama dalam panas dan jika Anda berada di luar ruangan, selalu gunakan tabir surya yang SPF 30 atau lebih tinggi.

5. Stres dapat berdampak pada kulit

Merasa stres? Ini bisa berdampak pada kulit Anda dalam berbagai cara, Dr. Susan Bard , seorang dokter kulit yang berbasis di New York.

Dia mengatakan tingkat stres dapat menyebabkan fluktuasi hormon yang signifikan, yang 'dapat meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan jerawat'.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini