Pria Diduga Meninggal Makan Durian Sambil Minum Kopi, Ini Kata Dokter Reisa

Dr. Reisa menjelaskan efek dari makan durian sambil minum kopi

Suara.Com
Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Pria Diduga Meninggal Makan Durian Sambil Minum Kopi, Ini Kata Dokter Reisa
Dr Reisa Broto Asmoro [Suara.com/Ade]

Suara.com - Beberapa waktu yang lalu sempat heboh kabar seorang lelaki asal Minahasa, Sulawesi Utara, meninggal dunia akibat mengonsumsi durian sambil meminum kopi.

Menurut dr. Reisa Broto Asmoro dalam vlognya yang diunggah pada Selasa (16/7/2019), durian memang mengandung kalori yang cukup tinggi.

Per 100gram durian mengandung 150 hingga 300 kalori, tergantung dengan jenis durian tersebut. Jika buah ini dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan obesitas.

"Tentunya, itu akan menyebabkan faktor risiko penyakit-penyakit kronis. Kayak penyakit jantung, penyakit diabetes, terus penyakit lain (terkait) kardiovaskular," tuturnya.

Oleh karena itu, Reisa menyarankan untuk mengonsumsi tiga hingga empat biji durian saja.

Sedangkan untuk kopi sendiri, justru sangat baik untuk tubuh.

Reisa menjelaskan efek dari makan durian dan minum kopi (YouTube/Reisa Broto Asmoro)
Reisa menjelaskan efek dari makan durian dan minum kopi (YouTube/Reisa Broto Asmoro)

Bahkan, kopi murni (tanpa pemanis tambahan), mempunyai manfaat untuk menurunkan diabetes, mencegah parkison, hingga demensia.

Lalu, bagaimana jika buah dan minuman ini dikonsumsi secara bersamaan akan menyebabkan kematian?

"Sebenarnya, sampai sekarang tidak ada penelitian yang dapat membuktikan efek samping mengonsumsi keduanya sampai menimbulkan kematian," jelas Reisa.

Menurutnya, kemungkinan penyebab lelaki asal Minahasa tersebut meninggal karena dia sudah mempunyai faktor risiko penyakit tertentu. Seperti riwayat penyakit jantung atau maag kronis.

"Jadi jangan khawatir kalau kita dalam kondisi sehat-sehat aja, dan kita tahu pasti kondisi tubuh kita dalam keadaan prima, tidak mengalami penyakit berbahaya, ya boleh lah," tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini