Instagram Hilangkan Fitur yang Paling Bikin 'Nagih', Gimana Hasilnya?

Akhirnya Instagram menguji coba untuk menyembunyikan fitur 'like', bagaimana pendapat pengguna?

Suara.Com
Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Instagram Hilangkan Fitur yang Paling Bikin 'Nagih', Gimana Hasilnya?
Ilustrasi Instagram di smartphone. [Shutterstock]

Suara.com - Sejak Kamis (18/7/2019) kemarin, Instagram mulai menyembunyikan satu fitur yang paling membuat 'ketagihan' penggunanya, yaitu fitur like.

Hal ini membuat pengikut (followers, -red) tidak dapat melihat jumlah orang yang menyukai unggahan pengguna lain, tetapi pengguna masih bisa melihatnya melalui akunnya sendiri.

Menyembunyikan jumlah like dirancang untuk menempatkan fokus orang-orang terhadap unggahannya saja, bukan berapa banyak suka, melansir Bussiness Insider.

Uji coba ini telah diberlakukan di tujuh negara, yaitu Australia, Brasil, Kanada, Irlandia, Italia, Jepang dan Selandia Baru.

Kepala Instagram, Adam Mosseri, mengatakan pada Buzzfeed News bahwa tujuan dari uji coba ini adalah untuk menciptakan lingkungan yang kurang tekanan, di mana orang merasa nyaman mengekspresikan diri sendiri.

Di sisi lain, media sosial memang dapat memengaruhi mental pengguna.

Ilustrasi jumlah like di Instagram. (Shutterstock)
Ilustrasi jumlah like di Instagram. (Shutterstock)

Ada beberapa penelitian dan sejumlah psikolog yang menemukan hubungan antara jumlah waktu yang dihabiskan remaja di media sosial dan depresi.

Selebriti seperti Selena Gomez dan Demi Lovato secara terbuka telah berbicara tentang perlunya mengambil istirahat dari akun media sosial mereka untuk menjaga kesehatan mental mereka.

Gomez mengatakan media sosial telah "berbahaya" untuk dirinya dan remaja.

Beberapa pengguna muda di Kanada yang telah memiliki kesempatan untuk menguji penyembunyian like di Instagram ini dengan senang hati memberi tahu pengalaman positif mereka.

"Secara pribadi aku tidak suka melihar jumlah 'like'," tutur Sarah Roberts berusia 22 tahun pada HuffPOst.

"Ini sedikit aneh mengatakannya, tapi aku menjadi berhenti membandingkan diriku sendiri dengan akun yang lebih besar. Aku juga menjadi lebih pribadi dengan hal-hal yang sebenarnya aku sukai dengan apa yang disukai semua orang," sambungnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini