Menyusui Tapi Ingin Diet, Perhatikan Aturannya

Amankah diet saat menyusui?

Suara.Com
Vania Rossa
Menyusui Tapi Ingin Diet, Perhatikan Aturannya
Ilustrasi diet. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Berat badan naik saat hamil adalah hal yang wajar. Tapi, pada beberapa ibu, melahirkan tidak serta merta akan menurunkan berat badan. Malah, banyak di antara para ibu yang mengeluh berat badannya semakin naik setelah melahirkan. Ingin diet, tapi khawatir masih menyusui. Akankah memengaruhi jumlah ASI?

Dilansir dari laman breastfeeding.asn.au, diet saat menyusui boleh saja dilakukan. Tapi, tetap ada rambu-rambu yang harus diikuti. Seperti apa, sih, diet saat menyusui? Simak panduannya berikut ini.

1. Wajib memperbanyak buah dan sayuran
Buah-buahan akan menyuplai kebutuhan vitamin seperti B1, B2, B6, dan C, yang membantu menjaga ibu tetap sehat, sekaligus memastikan produksi ASI tetap lancar. Dan yang terpenting, buah kaya akan serat yang membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral sekaligus melancarkan proses pencernaan.

Sayuran juga tidak boleh ketinggalan, terutama sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, dan asparagus. Sayuran ini memiliki banyak nutrisi seperti kalium, folat, dan vitamin A yang berkontribusi pada fungsi dan pembelahan sel yang sehat.

Berapa banyak buah dan sayur yang harus dikonsumsi? Setidaknya tiga porsi buah dan sayuran setiap hari, dapat membantu Anda mendapatkan keseimbangan nutrisi yang tepat serta memberi energi untuk memenuhi kebutuhan ASI pada bayi.

2. Pilih protein tanpa lemak
Protein tanpa lemak menyediakan sembilan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Sumbernya antara lain ayam, ikan, telur, susu, yogurt, keju, dan kacang kedelai.

Jadi jangan lupa untuk mengonsumsi tiga porsi protein tanpa lemak setiap hari, ya, Bu. Tubuh akan menyimpan protein berlebih sebagai lemak tubuh, sehingga jangan mengonsumsinya melebihi kebutuhan harian yang disarankan.

3.Sertakan lemak sehat
Lemak sehat bisa didapat dari kacang kenari, almond, dan alpukat. Sumber makanan ini juga kaya akan vitamin E, omega 3, omega 6, dan antioksidan, lho.

Anda bisa konsumsi beberapa iris alpukat saat makan siang, atau segenggam kacang sebagai camilan. Itu sudah cukup untuk mendapatkan semua lemak sehat yang Anda butuhkan.

4. Pastikan minum 8 gelas air setiap hari
Cukup minum akan menjamin ketersediaan ASI. meski begitu, bukan berarti ASI akan langsung berkurang jika Anda kurang minum.

Kurang minum akan menyebabkan dehidrasi, yang membuat tubuh akan memanfaatkan air yang ada pada persendian, otot, sistem pencernaan, dan darah. Pada akhirnya, hal ini dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut dan dapat berdampak pada produksi ASI.

Nah, itu dia 4 hal yang harus diperhatikan bila ibu menyusui mau diet untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini