9 Calon Haji Meninggal Dunia, Menkes: 3 di Pesawat dan 6 di Rumah Sakit

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengatakan sudah 9 jemaah calon haji meninggal dunia di Arab Saudi.

Suara.Com
Galih Priatmojo | Shevinna Putti Anggraeni
9 Calon Haji Meninggal Dunia, Menkes: 3 di Pesawat dan 6 di Rumah Sakit
Menteri Kesehatan Nila Moelek saat kunjungan ke RSUP Dr Sardjito DIY (HiMedik/Shevinna Putti)

Suara.com - Sebanyak 9 jemaah calon haji Indoensia meninggal dunia di Arab Saudi. Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek menginformasikan 3 di antaranya meninggal dalam pesawat dan 6 sisanya di rumah sakit Arab Saudi.

"Sampai sekarang laporan dari tim kami yang meninggal itu 9 orang, 3 di pesawat dan 6 di rumah sakit Saudi Arabia," kata Menteri Kesehatan Nila Moeloek dalam kunjungannya di RSUP Dr Sardjito, Senin (22/07/2019).

Meski begitu, NIila Moeloek menilai kondisi jemaah calon haji Indonesia tahun 2019 ini cukup baik. Lantaran pihaknya juga telah bekerjasama dengan kementerian lain yang terkait dalam memberikan pelayanan terbaik untuk jemaah calon haji.

"Jemaah haji bagus, karena kami mengkoordinasikannya juga baik dengan Kementerian Agama, Kesehatan dan Kementerian Kumham untuk tidak antre jadi imigrasinya diperpendek," ujarnya.

Selain itu, Nila Moeloek dari segi kesehatan juga telah menyediakan tim-tim khusus untuk memperhatikan kondisi jemaah calon haji selama di Arab Saudi.

Jemaah haji Indonesia diminta minum air untuk cegah dehidrasi. (Dok. Kemenkes)
Jemaah haji Indonesia diminta minum air untuk cegah dehidrasi. (Dok. Kemenkes)

Pihaknya membentuk tim khusus untuk memperhatikan kesehatan jemaah calon haji, terutama yang sudah lanjut usia.

"Kita juga punya tim promotif dan preventif untuk mengingatkan seperti tadi 'sudah minum obat belum mbah' kan si mbah suka lupa," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya juga telah membentuk tim khusus untuk memperhatikan jemaah haji Indonesia yang terlihat lelah atau sendirian selama beribadah.

Dalam hal ini tim bertugas untuk memberikan pertolongan pertama kepada jemaah calon haji. Jika tidak bisa ditangani, maka tim akan segera membawanya ke rumah sakit Arab Saudi.

"Kemudian ada tim gerak cepat, begitu kita lihat ada orang Indonesia kok linglung, jalan sendiri, tim gerak cepat akan langsung membantu," tegasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini