Sendawa Setelah Makan Dianggap Tak Sopan, Begini Cara Mengendalikannya

Sendawa terlalu keras, apalagi jika dilakukan setelah makan, bisa dianggap tidak sopan.

Suara.Com
Vania Rossa
Sendawa Setelah Makan Dianggap Tak Sopan, Begini Cara Mengendalikannya
ilustrasi sendawa. (Shutterstock)

Suara.com - Apakah kamu termasuk salah satu orang yang suka bersendawa setelah makan? Memang hal yang wajar, sih, karena faktanya sendawa adalah cara alami untuk menghilangkan udara yang tertelan selama seseorang makan dan minum.

Tapi, kenapa ada orang yang bisa mengendalikan sendawanya? Dan benarkah sendawa bisa dikendalikan dengan alasan kesopanan?

Menurut Saurabh Sethi, MD, MPH, ahli gastroenterologi, hepatologi, dan endoskopi intervensional yang berpraktik di San Francisco Bay Area, sendawa sebenarnya mencegah perut jadi kembung akibat terlalu banyak udara yang tertelan saat makan dan minum.

Dan kalau kamu memang berniat untuk mencoba mengendalikan sendawa setelah makan dengan alasan kesopanan, kamu bisa coba cara berikut seperti dilansir dari WebMD.

1. Makan pelan-pelan saja
Sendawa biasanya lebih sering dialami oleh orang yang suka makan terburu-buru. Jadi, coba kunyah makanan pelan-pelan untuk mencegah masuknya udara terlalu banyak dan membuat pencernaan lebih lancar.

2. Jauhi makanan yang mengandung gas
Brokoli, kol, kacang, atau produk susu diketahui dapat memproduksi gas di perut atau usus.

3. Jangan tiduran setelah makan
Kata orang tua zaman duklu, jangan langsung tiduran setelah makan. Ternyata cara ini berlaku untuk menghindari sendawa setelah makan. Saat berbaring, udara yang ikut tertelan saat makan tidak akan masuk ke dalam perut, melainkan tetap terperangkap di kerongkongan sampai muncul kembali dalam bentuk sendawa.

4. Stop merokok setelah makan
Ini karena merokok dapat menyebabkan seseorang menelan terlalu banyak udara.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini