Sering Merasa Kesepian di Tengah Keramaian, Ini Trik untuk Mengatasinya

Pernah merasa kesepian di tengah keramaian dan aktivitas yang padat?

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Sering Merasa Kesepian di Tengah Keramaian, Ini Trik untuk Mengatasinya
Ilustrasi kesepian di tengah kota. [Suara.com/Fakhri Hermansyah]

Suara.com - Sering Merasa Kesepian di Tengah Keramaian, Ini Trik untuk Mengatasinya

Pernah merasa kesepian di tengah keramaian dan aktivitas yang padat? Hati-hati, pakar mengatakan perasaan seperti tidak boleh diabaikan dan didiamkan terlalu lama.

Pakar emotional healing dan mindfulness Adjie Santosoputro mengatakan kesepian di tengah keramaian bisa berbahaya. Jika dibiarkan terlalu lama maka dapat berubah menjadi depresi bahkan memicu keinginan bunuh diri.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Menurut Adjie, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memperbaiki pikiran diri sendiri.

"Sadar diri kita nggak pernah sendirian, baik dari sisi dunia secara nyata maupun spiritual. Kalau batin kita tenang, kita akan benar-benar sadar kalau kita tidak akan pernah sendirian," ujarnya kepada wartawan di acara Wealth Wisdom 2019, baru-baru ini.

Lakukan berdiam diri minimal selama 5 menit sekali dalam sehari, dilakukan pagi hari saat belum sibuk dengan aktivitas bekerja, dan dilakukan setiap hari secara rutin maka efek ketenangan akan terasa.

Ilustrasi meditasi. (Shutterstock)
Ilustrasi meditasi. (Shutterstock)

Dari ketenangan batin ini, kata Adjie kita juga akan mendapatkan dan mengingat kembali ajaran budi luhur dan agama yang pernah dipelajari, lalu dengan sendirinya akan terserap dan sangat mudah dilakukan.

"Maka tenangkan batin dengan cara tips sederhana dari saya, luangkan waktu lima menit setiap hari, hanya untuk duduk diam hening sendirian dan sadari nafas, jadi akrabkan sendiri dengan sendirian," ungkapnya.

Pria yang membidangi dunia psikologi ini mengingatkan agar tidak selalu kepo atau ingin tahu kehidupan orang lain, tapi di sisi lain tidak kepo terhadap diri sendiri apa yang sedang dirasakan, padahal mengetahuinya dapat merileksasi pikiran menjadi lebih tenang.

"Mindfullness adalah cara kita ngepoin diri kita sendiri apa yang sedang kita pikirin sekarang. Kita tidak pernah menyadari apa yang sedang kita rasakan gejolak emosi kita. Luangkan waktu duduk diam, sebagai pemula 5 menit cukup," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini