Anak Penderita Radang Usus Berisiko Besar Alami Gangguan Kesehatan Mental

Radang usus dapat berdampak pada kesehatan mental juga!

Suara.Com
Galih Priatmojo | Rosiana Chozanah
Anak Penderita Radang Usus Berisiko Besar Alami Gangguan Kesehatan Mental
Ilustrasi radang sus (Shutterstock)

Suara.com - Inflammatory bowel disease (IBD) atau radang usus merupakan gangguan yang menyebabkan sistem pencernaan meradang.

Tidak hanya lambung, sistem pencernaan ini juga terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil dan usus besar.

Menurut sebuah penelitian menunjukkan, anak-anak yang menderita radang usus ini berisiko tinggi terkena masalah kesehatan mental.

Peneliti di Swedia mengklaim ada risiko gangguan kesehatan mental 1,6 kali lebih tinggi di antara anak-anak penderita IBD.

Jenis radang usus paling umum adalah penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.

Para ilmuwan sudah tahu bahwa orang dewasa dengan radang usus menghadapi peningkatan risiko gangguan kejiwaan. Tetapi studi baru yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association's Pediatrics meneliti penyakit ini pada anak.

Ilustrasi sakit perut, tanda hamil. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit perut, tanda hamil. (Shutterstock)

Para peneliti di Karolinska Institutet menyimpulkan radang usus pada anak secara keseluruhan dikaitkan dengan morbiditas psikiatrik.

Risiko akan lebih tinggi diterapkan pada sejumlah kondisi seperti depresi, kecemasan, gangguan makan, gangguan kepribadian, ADHD dan gangguan spektrum autisme.

Oleh karena itu, peneliti menunjukkan bahwa dukungan prikologis jangka panjang perlu dipertimbangkan untuk pasien dengan radang usus pada masa kanak-kanak.

"Studi ini menunjukkan bahwa anak-anak dengan radang usus dan orang tua mereka membutuhkan dukungan psikologis dan tindak lanjut yang lebih lama," tutur Agnieszka Butwicka, penulis penelitian ini yang dilansir dari Daily Mail.

"Bantuan khusus dapat diberikan kepada anak-anak yang sakit pada usia muda dan anak-anak dari orang tua yang memiliki masalah kesehatan mental," lanjutnya.

Risiko itu sangat tinggi untuk anak-anak yang didiagnosis dengan radang usus sebelum usia enam tahun dan untuk anak-anak dari orang tua dengan gangguan kejiwaan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini