Konflik di Papua, Menkes Nila Minta Tenaga Kesehatan Siaga Bertugas

Menkes Nila menyebut tenaga kesehatan tidak boleh hanya menyelamatkan diri sendiri.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Risna Halidi
Konflik di Papua, Menkes Nila Minta Tenaga Kesehatan Siaga Bertugas
Menteri Kesehatan Nila Moeloek minta tenaga kesehatan di Papua dan Papua Barat tetap siaga. (Suara.com/Risna Halidi)

Suara.com - Konflik di Papua, Menkes Nila Minta Tenaga Kesehatan Siaga Bertugas

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila Moeloek, mengimbau agar petugas kesehatan yang tinggal di area terdampak konflik di Papua dan Papua Barat, untuk tetap bekerja seperti biasanya.

Ditemui media dalam acara peluncuran INCrese di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Jumat, (23/8/2019), Menteri Nila menyinggung mengenai laporan petugas kesehatan yang takut untuk bekerja.

"Ada laporan (petugas) kesehatan jangan hanya mencari aman. Sempat (petugas) rumah sakit tidak ada yang berani keluar. Tapi tidak bisa, kita harus tetap menjalankan tugas kemanusiaan," katanya.

Untuk menjaga keselamatan para perugas kesehatan yang bekerja, Menteri Nila mengaku telah melakukan sinergi dan kerjasama dengan petugas keamanan seperti TNI.

"Kalau memang membahayakan, kami minta bantuan keamanan. Sinergi dengan tentara supaya tetap bisa bekerja. Apapun juga dalam keadaan bencana rumah sakit harus tetap jalan," tambah Menteri Nila.

Ketika ditanya mengenai SOP petugas kesehatan saat keadaan darurat apa yang akan dilakukan bila keadaan terus memanas, Menteri Nila menjawab singkat.

"Jangan sampai demikian. Rumah sakit harusnya netral, benderanya putih," tutup Menkes Nila.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini