Dian Sastro Akui Putranya Mengidap Autisme, Ini Tujuh Cirinya

Apa tujuh ciri anak autisme yang seperti diidap putra sulung Dian Sastro?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Dinda Rachmawati
Dian Sastro Akui Putranya Mengidap Autisme, Ini Tujuh Cirinya
Dian Sastrowardoyo mengungkapkan bahwa putranya, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo, mengidap Autisme. (Sumarni/Suara.com)

Suara.com - Dian Sastro Akui Putranya Mengidap Autisme, Ini Tujuh Cirinya.

Fakta mengejutkan diungkap oleh aktris Dian Sastrowardoyo. Bintang film 'Aruna dan Lidahnya' ini memutuskan terbuka pada publik akan kondisi putra sulungnya, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo, mengidap autisme.

Dian Sastrowardoyo mengaku, diagnosa ini pertama kali didapatkan saat usia putranya 7 bulan. Ibu dua anak ini mengungkap, ada sejumlah hal yang dilihat dari anaknya berbeda dibandingkan dengam anak-anak lain seusianya.

"Saya cukup beruntung karena waktu itu saya tuh termasuk orangtua yang ambisius gitu lho. Umur 6 bulan udah dimasukkin sekolah. Sehingga saya jadi bisa melihat perkembangan anak lain seperti apa, anak saya dibandingkan dengan anak lain seperti apa. Dan itu kelihatan jelas bedanya," urainya dalam konferensi pers SPEKIX 2019 di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Dian Sastrowardoyo mengungkapkan merasa beruntung dapat mengenali tujuh ciri anak yang patut diwaspadai mengidap autisme, sehingga bisa langsung membawa Shailendra ke ahli tumbuh kembang untuk penanganan lebih lanjut.

Usaha istri Maulana Indraguna Sutowo ini pun membuahkan hasil. Dengan menjalani berbagai terapi dan intervensi selama empat tahun, di usia enam tahun, buah hatinya itu sudah bisa lepas dari terapi dan bisa dianggap normal seperti anak lainnya.

Autisme atau autism spectrum disorder (ASD) sendiri merupakan serangkaian gangguan perkembangan saraf yang sebagian besar ditandai dengan gangguan fungsi sosial dan gangguan komunikasi.

Terkait tujuh ciri yang harus diwaspadai seperti yang diungkap Dian Sastrowardoyo, Ketua Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI), Gayatri Pamoedji menyebutkan bahwa ciri utama ini bisa merupakan bentuk skrining yang bisa dilakukan secara manual oleh setiap orang tua.

Ciri tersebut sebagai berikut:

"Jika Anda menjawab ‘tidak’ terhadap minimal dua dari pertanyaan di tersebut, maka perlu mengajak anak ke ahli (psikolog atau dokter tumbuh kembang atau dokter anak)," ungkap Gayatri.

Mengetahui gejala autisme pada anak sejak dini membantu anak mendapatkan penanganan yang tepat sehingga anak dapat memiliki hidup lebih baik dan mandiri seperti yang dilakukan Dian Sastrowardoyo.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini