Konsumsi Apel dan Teh Hijau Bisa Kurangi Risiko Kanker dan Sakit Jantung?

Apa alasan konsumsi apel dan teh hijau bisa kurangi risiko kanker dan sakit jantung

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Dini Afrianti Efendi
Konsumsi Apel dan Teh Hijau Bisa Kurangi Risiko Kanker dan Sakit Jantung?
Ilustrasi teh hijau. (Sumber: Shuttertsock)

Suara.com - Konsumsi Apel dan Teh Hijau Bisa Kurangi Risiko Kanker dan Sakit Jantung?

Makanan kaya flavonoid, seperti apel dan teh hijau dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Ini karena flavonoid adalah nutrisi yang ampuh kurangi peradangan dan berfungsi sebagai anti oksidan.

Mengutip laman Healthline, Sabtu (24/8/2019) orang yang mengonsumsi lebih banyak makanan mengandung flavonoid lebih kecil kemungkinannya meninggal karena kanker dan penyakit jantung dari pada mereka yang memakan lebih sedikit.

Efek flavonoid memang sangat bagus untuk orang yang sering mengonsumsi alkohol dan merokok. Seperti diungkap dalam penelitian dari Edith Cowan University di Australia.

Temuan berasal dari diet yang dianalisis dan dilakukan lebih dari 53.000 orang Denmark selama 23 tahun. Tujuan dari temuan ini untuk mendorong orang lebih banyak memakan sayur dan buah, khususnya mereka yang berisiko tinggi terserang jantung dan kanker.

Penelitian sebelumnya juga menyebut 7,8 juta orang di dunia mati pada usia dini karena rendahnya konsumi buah dan sayur. Kurang dari 800 gram total per hari.

"Hal terbaik yang dilakukan untuk sehat adalah tidak merokok dan minum alkohol," ujar Nicola Bondonno, PhD, Peneliyi Pascadkoktodal Universitas Edith Cowan selaku peneliti utama.

"Tapi perubahan gaya hidup semacam ini bisa jadi tantangan, sehingga mendorong konsumsi flavonoid bisa jadi cara baru untuk mengurangi risiko. Konsumsi apel dan teh hijau sekaligus juga mendorong orang untuk berhenti merokok dan minum alkohol," tutup Nicola.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini