Hakim Agung Amerika Idap Kanker Pankreas, Penyakit Ini Sulit Terdeteksi!

Kanker pankreas adalah salah satu kanker yang dapat bermetastasis, artinya dapat berkembang ke organ lainnya.

Suara.Com
Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Hakim Agung Amerika Idap Kanker Pankreas, Penyakit Ini Sulit Terdeteksi!
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

Suara.com - Ruth Joan Bader Ginsburg, hakim yang bertugas di Mahkamah Agung Amerika Serikat, dikabarkan baru-baru ini menjalani terapi radiasi untuk mengobati kanker di pankreasnya.

Melansir INSIDER, Ginsburg pertama kali mengetahui adanya kanker ini saat biopsi pada 31 Juli lalu.

Kanker pankreas merupakan salah satu kanker yang bisa bermetastasis. Berarti kanker ini dapat menyebar ke organ lain begitu berkembang di pankreas.

Seperti yang kita tahu, pankreas merupakan organ tubuh yang memproduksi hormon insulin yang mengatur gula darah dan enzim untuk memecah makanan dalam tubuh.

Sayangnya, kanker pankreas ini lebih berbahaya, sebab jarang terdeteksi pada tahap awal perkembangan.

Tetapi, jika sang pengidap memiliki riwayat kista pankreas atau riwayat keluarga kanker pankreas, kanker di dalam dirinya dapat ditemukan lebih dini.

Menurut Mayo Clinic, gejala dari kanker pankreas pada umumnya termasuk kelelahan, sakit perut bagian atas, depresi, kehilangan nafsu makan, perkembangan diabetes yang tiba-tiba, dan penyakit kuning.

Sampel jaringan, tes darah, dan scan pencitraan seperti MRI dan PET scan adalah semua alat yang dapat digunakan dokter untuk mendiagnosis seseorang yang mengalami kanker pankreas.

Pankreas bermasalah (Freepik/agartist)
Pankreas bermasalah (Freepik/agartist)

Sebenarnya, ada beberapa jenis tumor yang dapat berkembang menjadi kanker.

Berdasarkan American Cancer Society, tumor paling umum adalah adenokarsinoma pankreas. Sebanyak 95% kasus kanker pankreas berasal dari jenis tumor ini, berkembang di saluran pankreas.

Tumor pankreas lain yang kurang umum adalah karsinoma adenosquamous, karsinoma sel skuamosa, karsinoma sel cincin meterai, karsinoma yang tidak terdiferensiasi, dan karsinoma yang tidak terdiferensiasi dengan sel raksasa.

Ada juga tumor pankreas jinak yang tidak menyebabkan kanker dan tumor jinak lainnya yang jika tidak diobati, pada akhirnya dapat berkembang menjadi kanker.

Juru bicara pengadilan Kathy Arberg mengatakan Ginsburg sedang menjalani terapi radiasi.

Selain metode pengobatan yang dijalani Ginsburg, ada juga kemoterapi yang sering digunakan bersamaan dengan radiasi.

Ada juga penggunaan obat-obatan untuk membunuh sel kanker serta pengangkatan sel tumor agar tidak menyebar ke organ lain.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini