Penuhi Kebutuhan Serat Harian yang Sehat dan Enak, Ini Caranya

Agar kebutuhan serat harian terpenuhi, makanan sehat juga harus enak.

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Vessy Dwirika Frizona
Penuhi Kebutuhan Serat Harian yang Sehat dan Enak, Ini Caranya
Makanan kaya serat. [Shutterstock/Marcelo Krelling]

Suara.com - Penuhi Kebutuhan Serat Harian yang Sehat dan Enak, Ini Caranya

Setiap orang membutuhkan rata-rata 25-30 gram serat per hari. Mereka yang dapat memenuhi kebutuhan serat hariannya memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, infeksi, penyakit pernapasan, kanker, dan kolesterol.

Namun, menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, penduduk Indonesia dengan usia di atas 10 tahun yang kurang mengonsumsi sayur dan buah, masih di atas 90 persen. Itu artinya hampir rata-rata orang Indonesia kekurangan konsumsi serat.

Padahal, serat sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan untuk mencegah penyakit berbahaya. Serat sendiri merupakan bahan makanan yang berasal dari sel tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat, dengan sifat yang tidak dapat dipecah oleh enzim di dalam saluran pencernaan.

Pola makan yang buruk menjadi penyebab utama tubuh kekurangan serat. Apalagi kebiasaan orang Indonesia lebih suka makan nasi dan banyak lauk serta bumbu-bumbu bersantan. Sehingga tak ada ruang untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Lantas, bagaimana caranya agar kebutuhan serat harian selalu terpenuhi?

dr. Hera Nurlita selaku Kepala Seksi dan Mutu Gizi Kementerian Kesehatan RI mengatakan, memang sulit sekali menemukan makanan sehat yang enak. Biasanya yang enak itu tidak sehat dan makanan yang sehat itu tidak enak. Nah, orang lebih cenderung memilih makanan yang enak saja tanpa peduli dengan kandungan nutrisinya.

Acara peluncuran serial web Ekspedisi Segaris persembahan Fiber Creme, Selasa (10/9/2019) di Jakarta Pusat. (Suara.com/Vessy Frizona)
Acara peluncuran serial web Ekspedisi Segaris persembahan Fiber Creme, Selasa (10/9/2019) di Jakarta Pusat. (Suara.com/Vessy Frizona)

"Pilihlah bahan makanan alternatif yang lebih sehat tanpa mengurangi cita rasa. Seperti krimer multifungsi yang tidak hanya dapat digunakan untuk minuman, melainkan juga dapat diaplikasikan juga untuk makanan. Termasuk, sebagai alternatif pengganti susu dan santan yang tinggi serat," ujar Hera Nurlita saat ditemui Suara.com dalam acara peluncuran serial web Ekspedisi Segaris persembahan Fiber Creme, Selasa (10/9/2019) di Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan yang sama, Direktor PT. Lautan Natural Krimerindo, Hendrik Gunawan mengatakan, krimer alternatif yang mengandung komponen makanan oligosakarida sebagai fiber dan minyak kelapa sehat (bebas minyak trans) sebagai bahan baku fungsional juga memiliki rasa yang enak.

"Gabungan keduanya menghasilkan produk berbasis fiber dengan cita rasa creamy dan tekstur yang disukai," tandasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini