Bukan Cuma Anak, Orangtua Juga Bisa Stres di Hari Pertama Sekolah Lho!

Beban hari pertama sekolah juga dirasakan orangtua, terutama ibu. Mengapa?

Suara.Com
M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Bukan Cuma Anak, Orangtua Juga Bisa Stres di Hari Pertama Sekolah Lho!
Ilustrasi ibu dan anak perempuannya. (Shutterstock)

Suara.com - Bukan Cuma Anak, Orangtua Juga Bisa Stres di Hari Pertama Sekolah Lho!

Hari Senin bagi kebanyakan orang adalah hari yang berat, karena akan memulai aktivitas setelah akhir pekan. Tidak hanya pekerja atau pelajar, ini juga dialami para ibu, bahkan sebagian besar ibu merasa stres saat anak mulai sekolah.

Mengutip laman Healthline, Senin (14/9/2019) penelitian menyebutkan tahun ajaran baru jadi sumber stres para orang tua, khususnya ibu.

Studi yang dilakukan pusat pengasuhan anak Kiddie Academy, saat mensurvei seluruh anggota keluarga menyebut, 63 persen ibu mengatakan hal tersulit ialah berhadapan dengan hari pertama anak sekolah.

"Hal wajar bagi orang tua merasa sulit menjalani masa peralihan ketika anak-anak mereka mulai TK. Di banyak keluarga, hari pertama biasanya kerap tidak terkendali," ujar Michele Levin, Psikolog Keluarga.

Meski begitu, Levin mengatakan wajar jika hari pertama sekolah sangat sulit bagi orang tua. Tapi itu juga jadi pembelajaran penting agar mereka terbiasa dan menyesuaikan diri. Tentunya, para ibu juga memerlukan dukungan anggota keluarga lainnya.

Beberapa hal bisa dilakukan agar stres tidak semakin parah, seperti melakukan latihan. Misalnya, berlatih untuk bangun lebih pagi, menanyakan kepada anak sepatu mana yang disukainya untuk dipakai sehingga bisa disiapkan sejak sore hari agar keesokannya tidak terburu-buru.

"Jika anda menemukan cara untuk memulai hari dengan anak anda di pagi hari melalui cara positif, itu bisa mengurangi kecemasan saat anda berlatih secara keseharian," ungkap dokter anak, dr Sara Bode.

Lanjut Dd. Bode, bisa juga dengan melakukan sesi diskusi dan konsultasi mendidik anak dengan pihak sekolah, dalam hal ini guru yang mendidik anak secara langsung. Ini akan menjadikan Anda sebagai orangtua yang proaktif dalam tumbuh kembang dan pendidikan sang anak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini