Kapan Sih Waktu yang Tepat Kembali Melakukan Seks Usai Melahirkan?

Ini kata dokter soal waktu yang tepat kembali melakukan seks usai melahirkan.

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Dini Afrianti Efendi
Kapan Sih Waktu yang Tepat Kembali Melakukan Seks Usai Melahirkan?
Ilustrasi bercinta, hubungan seks usai istri melahirkan. (Shutterstock)

Suara.com - Kapan Sih Waktu yang Tepat Kembali Melakukan Seks Usai Melahirkan?

Setelah melahirkan, berhubungan intim dengan suami jadi hal yang sangat jarang dipikirkan para perempuan. Ini terjadi karena adanya perubahan hormon, rasa sakit di vagina, hingga depresi setelah melahirkan.

Namun untuk beberapa pasangan, ada juga yang memikirkan dan berencana untuk melakukan aktifitas hubungan suami istri itu kembali usai istri melahirkan. Tapi sebenarnya, kapankah waktu yang tepat untuk kembali berhubungan intim usai melahirkan?

Mengutip laman Purewow, Senin (16/9/2019) dokter berpendapat ada baiknya menunda berhubungan seks selama enam minggu. Hal ini bisa menyakitkan untuk perempuan, karena ada potensi kekeringan pada vagina. Bahkan adanya kemungkinan trauma akibat persalinan seperti episiotomi.

"Kanal vagina dan terutama pembukaan vagina menjadi lebar saat melahirkan, dan itu membentuk luka-luka kecil pada dinding vagina," ungkap Dokter Kandungan dan Ginekolog Kesehatan Perempuan Princeton, Dr. Maria Sophocles.

Menurut Maria, saat melahirkan diproses pembukaan vagina biasanya robek atau sengaja disayat agar terbuka lebar saat bayi lahir, dan itu memerlukan jahitan. Luka ini bisa akan memakan waktu untuk sembuh. Bergantung pada seberapa banyak luka dan jahitan yang dibuat.

"Bahkan ibu yang menjalani operasi caesar, bisa jadi mengalami hubungan seks yang menyakitkan setelah kehamilan mereka, berkat hormon yang fluktuasi," jelas Maria.

Di sisi lain, Dokter Kandungan dan Ginekolog Dr. Carolyn DeLucia mengatakan perlu beberapa bulan lamanya bagi tubuh perempuan untuk kembali pada pola ovulasi atau peranakan awal usai melahirkan.

"Jika anda menyusui, hormon (seperti estrogen) akan tertekan, dan vagina akan mengering dan itu terasa seperti ketika menopause selama beberapa bulan," pungkas DeLucia menjawab kapan waktu yang tepat melakukan kembali hubungan seks usai melahirkan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini

Hormon

Hormon

health