Awas! 6 Makanan Ini Ternyata Bikin Kulit Cepat Menua

Yang ingin awet muda, wajib baca agar tahu makanan apa saja yang bikin kulit cepat menua.

Suara.Com
Ririn Indriani
Awas! 6 Makanan Ini Ternyata Bikin Kulit Cepat Menua
Ilustrasi Susu (Pixabay/Couleur)

Suara.com - Awas! 6 Makanan Ini Ternyata Bikin Kulit Cepat Menua

Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit tidak hanya dilakukan dengan berbagai perawatan dari luar, tetapi Anda juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Seperti diketahui, buah-buahan dan sayuran adalah dua makanan yang sering disebut sebagai pemberi nutrisi terbaik bagi kulit. Namun ada pula beberapa makanan yang perlu Anda batasi, karena bila dikonsumsi berlebihan akan mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Apa saja makanan yang perlu dibatasi itu? Berikut ulasannya dilansir Huffington Post.

1. Garam
Terlalu banyak garam menyebabkan kantung mata mengandung lebih banyak air. Jadi, cobalah untuk mengingat, apakah Anda memiliki kantung mata lantaran kurang tidur atau akibat dari makan makanan asin yang berlebihan.

Anda juga perlu mengetahui bahwa mengonsumsi garam berlebihan juga buruk bagi kesehatan jantung  dan kulit.

2. Kerang-kerangan
Udang, kepiting, dan lobster sebenarnya kaya akan yodium yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun terlalu banyak mengonsumsi makanan laut dan kerang sebenarnya juga bisa menyebabkan jerawat.

Ini dikarenakan akumulasi yodium bisa mengganggu kondisi kulit. Oleh karena itu, bagi orang-orang tertentu yang rentan terhadap jerawat, harus membatasi konsumsi yodium.

Ilustrasi garam dan gula. (Shutterstock)
Ilustrasi garam dan gula ternyata bisa membuat kulit cepat menua bila dikonsumsi berlebihan. (Shutterstock)

3. Susu
Sebuah studi pada 2005 menyatakan bahwa konsumsi susu yang berlebihan juga dapat menyebabkan jerawat. Sebuah studi serupa tahun lalu juga mengaitkan konsumsi susu skim dan risiko jerawat.

Keduanya memang terkait, karena hormon tertentu dari susu skim tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Jadi, keberadaannya mengganggu kelenjar sekresi minyak di kulit dan menyebabkan jerawat.

4. Glikemik tinggi
Makanan dengan kadar glikemik tinggi seperti  roti putih, pasta, kue, dan sirup jagung bisa memicu jerawat.  Selain itu makanan dengan kadar glikemik tinggi juga meningkatkan gula darah sehingga Anda berisiko terkena diabetes.

Ilustrasi mengonsumi minuman beralkohol (Shutterstock).
Ilustrasi: minuman beralkohol juga bikin kulit cepat menua. (Shutterstock).

5. Gula
Selain garam, gula juga termasuk sebagai makanan terburuk bagi kulit. Makan gula berlebihan tidak hanya menyebabkan diabetes, tetapi melemahkan jaringan seperti kolagen.

Jika kulit kekurangan kolagen, maka kulit akan kehilangan elastisitas. Bukan hanya itu, kulit juga berisiko keriput. Oleh karena itu membatasi konsumsi gula untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit sangat penting dilakukan.

6. Minuman Beralkohol
Alkohol adalah minuman diuretik alami. Artinya, semakin banyak diminum, maka tubuh Anda akan semakin dehidrasi. Bila tubuh sering mengalami dehidrasi, maka keriput dan garis-garis penuaan pun akan cepat muncul. 

Itulah enam makanan yang ternyata bisa bikin kulit cepat menua.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini