Sabtu, 16 Februari 2019

Gubernur Babel: Batu Akik Bisa Redam Kenakalan Remaja

PNS diwajibkan pakai batu akik.

Suara.Com
Liberty Jemadu
Gubernur Babel: Batu Akik Bisa Redam Kenakalan Remaja
Batu akik. (suara.com/Erick Tanjung)

Suara.com - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi menilai kerajinan batu akik dapat mengurangi kenakalan dan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja di daerah itu.

"Animo masyarakat menekuni kerajinan batu akik yang tinggi dapat mengurangi pergaulan remaja yang dapat merusak diri dan masa depannya," kata Rustam Effendi di Pangkalpinang, Senin (6/4/2015).

Untuk itu, menurut dia, pihaknya akan terus mengembangkan potensi usaha batu akik melalui berbagai kebijakan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Ia mencontohkan kebijakan PNS diwajibkan memakai batu akik, bantuan, dan pelatihan kepada perajin dan lainnya.

"Saat ini perekonomian masyarakat melemah akibat harga timah anjlok dan diharapkan kebijakan batu akik ini dapat membantu masyarakat meningkatkan usahanya," ujarnya.

Menurut dia, maraknya batu akik ini tentu masyarakat khususnya para remaja akan disibukkan untuk mencari dan mengasah batu-batu akik berkualitas.

"Saat ini tingkat kenakalan remaja cukup tinggi dan diharapkan boomingnya batu akik ini dapat menekan kenakalan, kriminalitas di kalangan remaja," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya akan menjadikan pameran, kontes, dan lainnya berkaitan dengan batu akik menjadi agenda kalender tahunan pemerintah.

"Kami sangat menyambut baik dengan perkembangan kerajinan batu akik ini dan akan terus dikembangkan agar batu akik khas daerah ini semakin terkenal di tingkat nasional dan internasional," ujarnya. (Antara)

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini