Lakukan Ini Agar Penderita Rematik Nyaman Saat Berlibur

Ada enam hal yang harus diperhatikan penderita rematik.

Suara.Com
Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Lakukan Ini Agar Penderita Rematik Nyaman Saat Berlibur
Ilustrasi obat-obatan yang perlu dibawa selama liburan. (Shutterstock)

Suara.com - Anda yang memiliki keluhan terhadap nyeri sendi, ada beberapa yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan. Terutama saat berlibur ke tempat yang berudara dingin.

Menurut Rheumatologist, Eric Ruderman, MD, Profesor Kedokteran di Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago, "Orang dengan arthritis masih dapat memiliki liburan yang hebat. Sebagian besar hanya masalah yang 'logistik'," katanya.

Contohnya, jika obat Anda perlu didinginkan, Anda harus mempertimbangkan apakah tujuan Anda termasuk tujuan yang mudah untuk menemukan kulkas, atau siapkan pendingin kecil jika Anda bepergian dengan mobil atau kereta api.

Berikut tips lainnya, dilansir dari Everydayhealth:

1. Periksa sebelum pergi
Biasanya banyak penderita rematik menjalani terapi suntik sebelum melakukan penerbangan jauh. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan dosis yang tepat sebelum dan setelah berpergian.

2. Waspadai vaksin
Beberapa vaksin mengalami kontra-indikasi dengan obat-obatan yang rutin diminum seseorang. Cek kondisi tubuh pada rheumatologist Anda, saat merencakan liburan ke luar negeri. Hal ini bertujuan agar Anda mengambil tindakan yang tepat saat diwajibkan melakukan vaksin demam kuning atau lainnya.

3. Membawa obat-obatan
Anda memang harus membawa obat yang cukup saat berlibur. Tapi sebaiknya meminta resep dokter sebagai rekomendasi saat Anda membutuhkan obat tambahan di tempat liburan.

4. Hindari bawaan berat
Jangan membawa tas yang berat. Saat harus membawa banyak benda atau koper yang besar minta bantuan pada orang-orang yang menawatkan jasa angkut barang. Solusi agat tidak membawa banyak pakaian adalah rajin mencuci pakaian selama liburan.

5. Peregangan
Jika perjalanan yang akan dilalui menempuh jarak jauh, lakukan beberapa gerakan ringan di sekitar Anda. Jalan-jalan kecil di sekitar bangku pesawat Anda. Tapi saat menggunakan mobil pribadi, cobalah untuk berhenti sejenak dan keluar beristirahat dalam beberapa jam.

6. Pemilihan sepatu
Pergi berlibur dengan penampilan yang stylish memang dambaan setiap orang. Tapi perhatikan kenyaman sepatu saat ingin membeli sepatu baru. Sehingga membuat sendi-sendi pada kaki tidak terganggu.

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini