Ssst, Ada Bahan Menjijikkan di Kosmetik Anda

Dari sperma paus hingga plasenta bayi.

Suara.Com
Esti Utami | Firsta Nodia
Ssst, Ada Bahan Menjijikkan di Kosmetik Anda
Ilustrasi kosmetik. (Shutterstock)

Suara.com - Ketika membahas tentang perawatan tubuh dan kecantikan tidak ada yang bisa menghentikan perempuan untuk selalu bereksperimen. Semua dilakukan agar tetap terlihat memesona.

Fakta mengejutkan yang berhubungan dengan kosmetik ini harus Anda ketahui, terutama perempuan. Ternyata beberapa produk kosmetik yang sering Anda pakai berasal dari bahan-bahan yang sangat menjijikkan.

Berikut adalah beberapa bahan yang menjijikkan yang digunakan dalam pembuatan kosmetik, dan Anda akan terkejut setelah mengetahuinya:

1. Plasenta bayi digunakan sebagai pelembab
Hampir semua perempuan menggunakan produk yang satu ini, dan ternyata beberapa pembuatannya berasal dari plasenta bayi yang baru lahir.

2. Siput digunakan dalam pembuatan pelembab
Siput mengandung cairan asam glikolat dan elastin, yang dapat membantu memperbaiki struktur kulit, menghilangkan bekas luka, stretch mark dan juga menyembuhkan jerawat. Ini adalah sumber protein yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meregenerasi kulit.

3. Sperma banteng untuk pembuatan produk perawatan rambut
Air mani banteng kaya protein biasa digunakan oleh beberapa salon (tempat potong rambut) terkenal untuk perawatan rambut. Ini karena sperma banteng diyakini berkhasiat mengobati rambut yang rusak dan kering, membuat rambut selalu bersih dan menjaga rambut tetap sehat.

4. Lemak hewan dalam lipstick, eye shadow dan sabun
Bahan ini berasal dari lemak hewan yang telah menjadi bangkai kemudian dipanaskan pada suhu tertentu. Untuk mengetahuinya, periksa produk kosmetik Anda apakah mengandung 'Tallow' dalam komposisinya atau tidak.

5. Guanin dalam produk maskara dan cat kuku
Bahan yang satu ini membuat produk kosmetik dapat memancarkan kilauan dan terlihat cantik. Ternyata itu terbuat dari sisik ikan yang diproses sedemikian rupa dan menjadi berbagai produk kosmetik.

6. Lipstik mengandung parasit kumbang cochineal (kumbang pada tanaman kaktus)
Ketika kumbang memakan buah kaktus merah dan saat mereka hancur, pewarna merah akan muncul. Hal ini umumnya digunakan dalam pembuatan lipstik, es krim, permen, yogurt  dan eyeshadows.

7. Beberapa parfum ternama dibuat dari sperma paus
Whale Poop Ambergris adalah zat lilin, berwarna kuning, dan padat dihasilkan di dalam usus ikan paus dan disebut juga sperma paus. Aroma unik yang dihasilkan oleh ambergris sering digunakan dalam parfum mahal. Bahan ini juga digunakan untuk pembuatan beberapa makanan. (boldsky.com)

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini