Butuh Donor Sperma? Lakukan Ini

Jika Anda membutuhkan donor sperma dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.

Suara.Com
Chaerunnisa | Firsta Nodia
Butuh Donor Sperma? Lakukan Ini
Ilustrasi donor sperma (Shutterstock)

Suara.com - Ingin memiliki anak tapi terkendala gangguan biologis? Kini masalah tersebut bisa diatasi dengan kehadiran bank sperma yang telah dilegalkan di berbagai negara.

Kemudahan untuk mendapatkan donor sperma pun semakin terasa dengan inovasi di bidang teknologi. Sebuah aplikasi bernama 'Just a Baby' memungkinkan seseorang mendapatkan donor sperma, donor sel telur layaknya aplikasi pencari jodoh 'Tinder'.

Aplikasi ini diluncurkan pertama kali di Sydney, menyusul Amerika Serikat dan Inggris dengan jumlah pengguna mencapai ribuan orang. Pengembang aplikasi, Paul Ryan optimis bahwa aplikasi yang diluncurkannya ini akan memberikan solusi bagi pasangan yang sudah lama menanti dikaruniai buah hati.

"Ada begitu banyak orang di dunia ini yang ingin memiliki bayi namun memiliki banyak kendala. Aplikasi ini akan menjadi forum dimana orang-orang yang ingin memiliki bayi berkumpul dan membantu satu sama lain," ujar dia.

Agar tak disalahgunakan, aplikasi 'Just a Baby' ini memiliki sederet peraturan bagi para pencari dan pendonor sperma maupun sel telur. Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab dan dipertanggungjawabkan secara hukum dan etika kedokteran.

"Aplikasi yang membantu menghubungkan orang untuk tujuan memiliki bayi melalui donasi sperma atau sel telur ini juga memberi tahu pengguna tentang risiko dan manfaat, apa yang harus diwaspadai, dan bagaimana mendapatkan bantuan jika masalah muncul," ujar Ryan, seperti dilansir dari Huffington Post.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini