Ternyata Seperti Ini Cara Mencuci Talenan yang Benar

Cara mencuci talenan yang selama ini dilakukan banyak orang, ternyata tak efektif mengusir bakteri.

Suara.Com
Ririn Indriani | Risna Halidi
Ternyata Seperti Ini Cara Mencuci Talenan yang Benar
Ilustrasi talenan. (Shutterstock)

Suara.com - Memotong daging mentah, sayuran, dan membersihkan ikan merupakan hal yang biasanya kita lakukan di atas sebuah papan pemotong atau talenan.

Sudah pasti dalam sebuah dapur, kita akan menemukan benda ini. Dengan pemikiran ini, mudah untuk melihat mengapa tingkat kebersihan talenan telah diteliti secara luas di berbagai negara.

Setelah pernah ada laporan jika talenan memiliki bakteri cacing 200 persen lebih banyak daripada rata-rata toilet, maka Kita tentu ingin membuat talenan di rumah benar-benar bersih secara menyeluruh.

Lalu, bagaimana cara mencuci talenan agar benar-benar bersih ? Sebagian besar dari Kita akan mencuci talenan dengan cara yang sama seperti kita mencuci yang lain, air dan cairan sabun pencuci piring.

Namun ternyata hal tersebut merupakan sebuah kesalahan besar. Pasalnya, cairan pencuci piring yang bekerja dengan baik pada hampir semua hal, ternyata tak berlaku pada talenan.

Sarah dari Expert Home Tips menjelaskan bahwa cairan pencuci piring tidak bisa menembus permukaan dinding talenan dan memberikan kebersihan yang baik.

Itu artinya, bakteri berbahaya bisa menempel pada talenan dan membuat Kita sakit. Sebagai gantinya, Kita harus menggunakan sesuatu yang jauh lebih kuat.

"Merendam pemotong papan dengan pemutih setelah setiap penggunaan akan memastikan talenan steril, sehingga hal tersebut dapat mencegah risiko transfer bakteri," ungkapnya dilansir Mirror.

Jadi, mulai sekarang Anda sebaiknya merendam talenan dengan pemutih agar benar-benar bersih. Selamat mencoba! 

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini