Alexa
Senin, 23 Oktober 2017

Pakai Kosmetik Mengandung Asam, Wajah Perempuan Ini Terbakar

Seluruh wajah seorang perempuan terbakar parah akibat memakai kosmetik yang mengandung zat asam.

Suara.Com
Chaerunnisa
Ilustrasi wajah perempuan terbakar usai memakai kosmetik mengandung zat asam (Shutterstock)
Ilustrasi wajah perempuan terbakar usai memakai kosmetik mengandung zat asam (Shutterstock)

Suara.com - Seorang perempuan dilaporkan menderita luka bakar yang mengerikan di wajahnya setelah menggunakan produk kecantikan kulit murah yang terbuat dari buah yang dijual di eBay.

Sebotol produk kecantikan yang mengandung zat terlarang dan 100 persen asam murni itu dibeli dengan harga 14 Dolar Singapura atau setara USD18. Penjual mengklaim, produk itu dapat menghilangkan jerawat, tanda-tanda penuaan, dan garis-garis halus di wajah.

Prosedur yang dilakukan terdiri dari tahap pengenceran asam yang lemah ke kulit untuk menghilangkan noda, biasanya dilakukan oleh ahli kecantikan yang berkualifikasi di salon dan dapat menghabiskan biaya hingga 1.900 Dolar Singapura atau setara USD2442.

Namun, penjual itu adalah produsen nakal yang berbasis di AS, menjual "produk kimia" seharga 15 Dolar Singapura atau setara USD19. Beberapa produk terdiri dari 100 persen asam murni sementara yang lain mengandung asam trikloroasetat (TCA), yang dilarang untuk digunakan dalam produk kosmetik di Inggris.

Hannah Smith, dari Wiltshire, di South West England, membeli produk TCA di eBay namun mengatakan dia mengalami "penderitaan" setelah "memakai sampai habis" produk itu di kulitnya.

Petenis berusia 23 tahun itu diberitahu oleh dokternya bahwa dia beruntung tidak memerlukan pembedahan plastik.

"Pertama kali saya mencobanya, jadi tidak seharusnya berbahaya. Tapi dalam beberapa detik, rasanya seperti wajah saya terbakar. Ada lesi yang melahap wajahku. Saya tidak bisa bekerja selama sembilan hari," katanya kepada Mail On Sunday.

Para member yang tergabung dalam kampanye Safety in Beauty mengatakan, telah menerima 27 laporan tentang chemical peels yang salah pada tahun lalu.

Pendiri Antonia Mariconda mengatakan kepada surat kabar, mereka telah melaporkan orang-orang yang membelinya di boot penjualan mobil.

"Orang mungkin mengira mereka hanya produk kulit, tapi luka bisa sama dengan serangan asam. Bahkan kulit yang paling ringan pun bisa membuat kerusakan yang tahan lama. Jenis barang ini dilarang di Inggris, dan telah dihapus," kata juru bicara eBay. (News.com.au)

 

Terpopuler

Terkini