Begini Cara Nadine Chandrawinata Lanjutkan Perjuangan Kartini

Selain dikenal sebagai Puteri Indonesia dan aktris, Nadine Chandrawinata juga aktivis lingkungan hidup.

Suara.Com
Ririn Indriani
Begini Cara Nadine Chandrawinata Lanjutkan Perjuangan Kartini
Nadine Chandrawinata (tengah) di tengah terik matahari punguti sampah bersama dengan para anggota Sea Soldier . (Foto: Dok. Uniqlo)

Suara.com - Tanggal 21 April merupakan hari yang istimewa bagi perempuan Indonesia untuk mengenang kontribusi dari Raden Ajeng Kartini, seorang perempuan berpengaruh yang telah berjuang untuk emansipasi perempuan di Indonesia.

Kartini terkenal dengan perjuangannya dalam memberikan hak bagi perempuan untuk mengenyam pendidikan di saat perempuan Indonesia tidak memiliki hak tersebut pada masa itu.

Terima kasih kepada Kartini, perempuan Indonesia kini juga dapat menggapai pendidikan setinggi-tingginya. Di berbagai karir dan profesi, perempuan Indonesia masa kini bisa memiliki kesempatan yang sama dengan lelaki untuk melakukan banyak hal dalam hidup.

Nadine Chandrawinata  (kedua dari kiri) bersama dengan para anggota Sea Soldier berdiskusi mengenai kegiatan rutin yang mereka jalankan. (Foto: Dok. Uniqlo)

Kini, kita dapat melihat banyak perempuan Indonesia telah menganut esensi dari peran Kartini. Salah satunya adalah Nadine Chandrawinata.

Selain menyandang predikat Puteri Indonesia 2005, Nadine juga dikenal dengan kegiatannya baik di dalam maupun luar negeri sebagai aktivis lingkungan hidup. Ia mendirikan yayasan Sea Soldier untuk menyebarkan kesadaran akan pentingnya melestarikan lingkungan, dengan mengorganisir kampanye, talk show, dan kegiatan lainnya seputar lingkungan.

Nadine berbagi keindahan Indonesia yang dilihatnya selama perjalanannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga alam. Dengan kehidupannya yang aktif dan bepergian dari satu tempat terpencil ke tempat lainnya, Nadine akrab dengan cuaca yang tak terduga.

Nadine Chandrawinata  (kedua dari kiri) bersama dengan para anggota Sea Soldier berdiskusi mengenai kegiatan rutin yang mereka jalankan. (Foto: Dok. Uniqlo)

Tidak peduli apa pun cuacanya, Nadine tetap siap dan aktif menjalankan segala kegiatannya. Ia selalu siap terguyur hujan ataupun dihadapkan dengan cuaca yang panas dan lembap.

“Apapun cuacanya, saya harus tak terhentikan. Oleh karena itu akan terasa jauh lebih mudah untuk menghadapi cuaca yang tidak bersahabat ketika saya memakai pakaian dalamyang berkualitas. Saya menemukannya di AIRism dari Uniqlo, pakaian dalam fungsional yang inovatif yang selalu saya kenakan di bawah pakaian saya yang membuat saya tetap kering dan nyaman sepanjang hari,” tuturnya.

Baru-baru ini Nadine bersama dengan rekan-rekan pencinta lingkungan lainnya merayakan ulang tahun ketiga Sea Soldier. Melalui yayasan ini, ia mengajak masyarakat untuk menerapkan tindakan-tindakan yang baik untuk lingkungan. “Saya akan melakukan roadshow ke banyak kota di Indonesia bersama dengan Sea Soldier.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini