Selasa, 11 Desember 2018

Suami Airin Disebut Ngamar dengan Artis, Yuk Kenali Dampak Perselingkuhan

Dampak perselingkuhan terhadap lelaki dan perempuan ternyata berbeda satu sama lain.

Suara.Com
Ade Indra Kusuma
Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan [suara.com/Adrian Mahakam]
Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan [suara.com/Adrian Mahakam]

Suara.com - Jaksa KPK M Takdir mengungkap ada artis cantik yang menginap di hotel dengan suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan.

Wawan menggunakan alasan sakit demi bisa bermalam bersama teman wanitanya. Sampai kini sosok artis yang menginap dan diduga selingkuh dengan Wawan masih misterius.

Hal itu diungkap dalam sidang kasus korupsi Bekas Kepala Lapas Sukamiskin Wahid Husen. Wahid didakwa menerima suap dari narapidana korupsi Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan sejumlah Rp 63,39 juta. Duit suap itu diberikan agar Wawan bisa plesir ke luar penjara.

"Ya teman wanitanya itu diduga artis," kata M Takdir beberapa waktu lalu.

Bicara perselingkuhan pria dan wanita sebetulnya memiliki peluang yang sama dalam melakukan selingkuh. Namun alasan keduanya sangat berbeda. Sebuah survei yang dilakukan Universitas Chapman, Amerika, mengungkap kalau dampak perselingkuhan terhadap lelaki dan perempuan ternyata berbeda satu sama lain.

Survei yang melibatkan 64 ribu orang yang dimuat dalam  jurnal Archives of Sexual Behavior baru-baru ini menyebutkan kalau lelaki ternyata lebih sakit hati kalau pasangannya berselingkuh secara fisik, sementara perempuan lebih sakit hati kalau pasangannya selingkuh ‘hati’.

"Laki-laki heteroseksual benar-benar menonjol dari semua kelompok lainnya: mereka adalah satu-satunya orang yang paling kecewa dengan perselingkuhan seksual ketimbang perselingkuhan emosional," jelas  David Frederick, salah satu peneliti.

Sementara sebaliknya, perempuan justru paling kecewa kalau pasangannya selingkuh secara emosional.

Temuan tersebut ternyata konsisten dengan perspektif evolusi.

 Sedangkan buat lelaki dan perempuan biseksual tidak berbeda secara signifikan. Lelaki gay dan perempuan lesbian juga tidak berbeda.

Namun intinya, perselingkuhan seksual dan emosional dapat menyebabkan kerusakan pada masing-masing pada individu dan mengarah ke patah hati, plus menyebabkan berakhirnya hubungan.

Respon lelaki dan perempuan terhadap ancaman perselingkuhan berkisar  pada kecemburuan yang intens.

"Cemburu juga bisa memicu perilaku berbahaya dan kekerasan sehingga sangat penting untuk memahami apa yang menjadi pemicu paling ampuh," kata Frederick.

Survei ini melibatkan 63.894 peserta berusia 18 sampai 65 tahun, kebanyakan peserta survei berkisar di usia 30-an.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini