Rabu, 12 Desember 2018

Orang dengan Kondisi Medis Ini Tak Boleh Asal saat Ikut Sauna

Anda dengan kondisi medis tertentu, mesti ada saran dokter lho jika ingin sauna

Suara.Com
Ade Indra Kusuma
Ilustrasi sauna [shutterstock]
Ilustrasi sauna [shutterstock]

Suara.com - Selain bisa menghangatkan diri, Anda pastinya bisa mendapatkan sejumlah manfaat kesehatan dengan ikut sauna. Peneliti dari Universitas Auburn di Alabama menyarankan bahwa panas dapat membuat otot kita lebih lentur. Dengan kata lain, Anda akan merasa adanya perbedaan penting jika melakukan peregangan setelah menghabiskan hanya 15 menit di sauna.

Ilustrasi: Tempat spa dam sauna. (Shutterstock)
Ilustrasi: Tempat spa dam sauna. (Shutterstock)

''Sauna tidak berkontribusi terhadap penurunan berat badan yang berkelanjutan,'' ungkap Jessica Schnur, asisten profesor bedah di Stony Brook University Hospital.

Namun, ini tidak berarti bahwa sauna tidak memiliki manfaat. Beberapa penelitian menemukan hubungan antara penggunaan sauna dan penurunan risiko masalah jantung pada pria. Pekan lalu, sebuah studi dari Finlandia mampu menemukan hubungan ini pada wanita juga.

Panas dari sauna dipercaya mampu meningkatkan aliran darah dengan meningkatkan denyut jantung dan pelebaran pembuluh darah.

Peningkatan sirkulasi dalam tubuh juga dapat memberikan bantuan kepada mereka yang mengalami nyeri otot dan bahkan sakit kepala.

Namun bagi Anda dengan kondisi medis tertentu, mesti ada saran dokter lho jika ingin sauna. apa saja itu? Baca artikel selengkapnya di sini.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini