Selasa, 18 Desember 2018

Kencan Rasa, Sekolah Fotografi Gratis Berbasis Komunitas

Kencan Rasa mengajarkan beberapa genre fotografi mulai dari fotografi potrait, fesyen, dan food.

Suara.Com
Vania Rossa | Risna Halidi
Komunitas fotografi Kencan Rasa. (@kencanrasa)
Komunitas fotografi Kencan Rasa. (@kencanrasa)

Suara.com - Banyak komunitas fotografi tumbuh di Jakarta. Salah satunya adalah komunitas Kencan Rasa yang dibentuk pada Desember 2017 lalu.

Kata founder Kencan Rasa, Agung Nugie, semua berawal ketika beberapa forografer profesional memiliki ide untuk membentuk sekolah fotografi berbasis komunitas namun tidak berbayar. "Konsep belajarnya gratis kecuali untuk acara workshop," kata Nugie.

Setelah berbicara panjang dengan adiknya, Antonius Adi Subroto, yang juga seorang fotografer , Nugie dan Antonius mantap membentuk komunitas Kencan Rasa.

Saat ini Kencan Rasa mengajarkan beberapa genre fotografi mulai dari fotografi potrait, fesyen, dan food.

"Kami ingin tidak hanya fokus tentang teknik tapi juga belajar mengolah rasa terhadap objek dan nuansa dengan bimbingan (fotografer) Tyasadi.

Komunitas fotografi Kencan Rasa. (@kencanrasa)
Komunitas fotografi Kencan Rasa. (@kencanrasa)

Misal, kata Agung Nugie, ia masih menemukan beberapa fotografer fesyen yang kedapatan suka mengeluh tentang fisik model atau pakaian yang dikenakannya.

"Padahal fesyen itu bukan tentang tampilan fisik, akan tetapi tentang kebebasan berekspresi. Bagaimana kita (fotografer) mengolah rasa subjek yang akan difoto," tambah Agung Nugie.

Saat pertama kali dibuka, anggota komunitas baru sekitar beberapa orang saja. Hingga akhir 2018 ini atau setahun paska dibentuk, kelas Kencan Rasa selalu terisi penuh sampai rata-rata 25 orang peserta.

Komunitas fotografi Kencan Rasa. (@kencanrasa)
Komunitas fotografi Kencan Rasa. (@kencanrasa)

"Tapi mulai 2019 nanti kami memberikan konsep baru yang lebih dalam, tidak hanya teknik tapi juga kelas-kelas personal branding dan videografi," tambah Nugie.

Tahun depan, Nugie dan rekan-rekan di Kencan Rasa memiliki rencana besar untuk melakukan pameran fotografi.

"Mungkin Juli (2019) pameran karya-karya peserta kelas Kencan Rasa. Nanti kami yang mengkurasi," tambahnya.

Untuk bisa ikut serta dalam kegiatan-kegiatan komunitas Kencan Rasa, Anda hanya perlu mengikuti akun media sosial mereka di @kencanrasa. Tertarik?

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini