Selasa, 18 Desember 2018

Begini Cara Atur Nafsu Makan yang Liar saat Cuaca Dingin

Anda sering gagal diet akibat tidak mampu menahan nafsu makan liar dikala cuaca dingin, berikut tipsnya

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Vessy Dwirika Frizona
Ilustrasi lelaki makan. (Shutterstock)
Ilustrasi lelaki makan. (Shutterstock)

Suara.com - Belakangan ini cuaca sepertinya kurang bersahabat. Entah pagi, siang, sore, atau malam, ibu kota sering diguyur hujan lebat. Alhasil, perut jadi selalu lapar menghadapi cuaca yang dingin.

Wah, kalau sudah begini janji diet jadi taruhan kan? Semangkung mie instan memang menggoda ya. Nah, siapa yang sering gagal diet gara-gara tidak bisa melawan nafsu makan saat cuaca dingin ? Bagi Anda yang sering gagal diet akibat tidak mampu menahan nafsu makan yang liar dikala cuaca dingin, berikut tips seperti dikutip dari Allwomenstalk, Sabtu (8/12/2018).

Ilustrasi. (Shutterstock)
Ilustrasi nafsu makan. (Shutterstock)

Sadar

Emosi makan tak terkontrol biasanya datang karena Anda tidak sadar apa penyebabnya. Sehingga tubuh merespon cepat keinginan makan. Untuk itu segera sadari apa yang menjadi trigger Anda jadi ingin makan. Lalu, hindari sebisa mungkin. Misalnya mencari kesibukan dengan berkumpul dengan keluarga atau orang-orang terdekat.

Mulai kebiasaan baru

Daripada kembali ke kebiasaan lama, buat musim dingin seperti sekarang dengan melakukan sesuatu yang baru. Anggap saja ada satu perubahan hidup yang memang harus dilakukan setiap tahunnya. Misalnya, mencari hobi baru yang bisa dikerjakan untuk mengisi waktu luang yang biasa dihabiskan untuk makan-makan.

Telefon teman

Saat sedang santai di rumah, tanpa mengerjakan apa pun memang lebih sulit menghindari nafsu makan ketimbang di tengah aktivitas sibuk. Nah, daripada berjalan menuju kulkas lalu masuk ke dapur, dan mengintip hidangan di meja makan, lebih baik angkat ponsel, lalu telefon teman. Gunakan waktu untuk menanyakan kabar dan berbincang soal apa saja dengan teman.

Pikir ulang

Ketika rasa lapar itu datang, coba pikirkan sekali lagi, apakah Anda benar-benar lapar dan butuh makan, atau hanya sekadar dorongan nafsu. Ingat-ingat lagi kapan terakhir Anda makan, dan apakan sudah waktunya makan lagi. Ukur dari satu sampai sepuluh, berapa tingkat rasa lapar yang Anda rasakan. Kalau kurang dari delapan, berarti Anda masih bisa menahan dan tidak terlalu butuh makan. Minum saja segelas air.

Kurangi porsi

Kalau Anda benar-benar lapar, tetapi bukan saatnya untuk makan. Maka cukup ambil makanan dan konsumsinya setengah porsi. Nikmati setengah porsi kudapan itu untuk menghilangkan rasa penasaran di kepala. Selamat mencoba!

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini