Rabu, 19 Desember 2018

Ini Destinasi Wisata Wajib Jika Ingin Liburan ke Kepulauan Riau

Liburan ke Kepulauan Riau menawarkan banyak sekali keseruan dari berbagai destinasi wisatanya!

Suara.Com
Arsito Hidayatullah
Ilustrasi suasana salah satu sudut Kota Batam, Kepulauan Riau. [Suara.com/Dwi Bowo Raharjo]
Ilustrasi suasana salah satu sudut Kota Batam, Kepulauan Riau. [Suara.com/Dwi Bowo Raharjo]

Suara.com - Jatah cuti masih banyak, tapi bingung mau liburan ke mana? Tidak usah galau. Anda bisa dan patut mencoba menikmati keindahan panorama tempat-tempat wisata di Kepulauan Riau atau Kepri . Ya, tak kalah dengan Bali, Kepulauan Riau juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik.

Anda bisa menghabiskan waktu libur dengan mengunjungi beberapa spot menarik di kepulauan yang tidak jauh dari Negeri Singa Singapura ini. Seperti dikutip dari Cermati .com, berikut tempat-tempat wisata di Kepulauan Riau yang wajib Anda kunjungi bersama sahabat atau keluarga tercinta.

1. Birunya Pantai Trikora

Pantai cantik ini berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan . Jaraknya sekitar 60 km dari pusat kota Tanjung Pinang. Pantai ini menawarkan pemandangan yang cukup indah dan berbeda dibandingkan dengan pantai lainnya di pulau tersebut. Pasirnya yang putih dan lautnya yang biru, ditambah lagi dengan hijaunya pepohonan, menjadi pesona eksotis dari pantai yang satu ini.

Untuk fasilitasnya sendiri cukup lengkap, mulai dari pondok tempat peristirahatan dengan sewa sekitar Rp 30 ribu saja (meski bisa berubah sewaktu-waktu), penyewaan ban, kamar mandi, toilet, dan lainnya. Jika Anda ingin menikmati pemandangan indah di pantai ini, disarankan untuk lebih baik datang di pagi hari.

2. Hijaunya Pantai Lagoi

Pantai Lagoi berada di Kecamatan Bintan Utara, yang sekaligus berdampingan dengan wisata Bintan Resort. Dari Kota Tanjung Pinang, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam saja. Pantai ini memang dikelilingi oleh resort-resort yang mewah.

Di sini Anda bisa menyaksikan perpaduan cantik antara pasir putih yang bersih, air laut yang tampak kehijauan, ombak yang tentram, serta nyiur melambai yang membuat suasana begitu teduh. Pesonanya mampu membuat Anda betah berenang maupun bersantai sejenak di tempat ini.

3. Telaga Biru Bintan

Objek wisata lainnya yang dapat Anda kunjungi di Kepulauan Riau adalah Telaga Biru Bintan. Wisata ini berada di Desa Busung Bintan dan hanya berjarak sekitar 45 menit dari Tanjung Pinang. Sebenarnya tempat ini adalah bekas tambang pasir yang memang sudah lama ditinggalkan.

Bekas tambang tersebut kemudian menjadi telaga yang cantik dengan airnya yang berwarna kebiruan. Tempat ini juga sudah didukung fasilitas umum yang lengkap seperti toilet, parkir, ataupun warung-warung kecil yang dapat menjadi tempat beristirahat dan mengisi tenaga.

4. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Destinasi wisata yang lebih dikenal sebagai Vihara Patung Seribu ini adalah salah satu wisata religi yang ada di Kota Tanjung Pinang. Objek wisata ini sudah dibangun sejak tahun 2010, dan baru saja diresmikan pada Februari 2017. Vihara ini merupakan tempat ibadah bagi umat Budha.

Di sini Anda bisa menemukan 500 patung Lohan dengan beragam wajah, serta 40 patung dewa-dewa yang ada dalam agama Budha. Vihara ini juga dikenal sebagai vihara terbesar yang ada di Asia Tenggara setelah Cina. Vihara 1000 Wajah ini dikenal karena memang banyaknya patung yang ada di dalam lokasinya, di mana pembuat patung-patung itu adalah seniman Cina yang langsung didatangkan dari negerinya.

5. Pulau Beralas Pasir (White Sands Island Bintan)

Pulau ini berada di wilayah Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, yang merupakan pulau tidak berpenghuni. Pulau ini bahkan menjadi mutiara yang cukup indah di Pulau Bintan. Daya tarik pulau ini terdapat pada pasir putihnya yang terhampar luas dan indah. Tak hanya dapat menikmati indahnya pasir putih yang cantik, Anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling dengan pemandangan bawah lautnya yang memesona.

6. Pulau Penyengat

Pulau ini berada 5 kilometer dari Tanjung Pinang. Tak hanya dikenal akan keindahan baharinya, pulau ini juga memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. Di tempat ini Anda bisa menemukan Masjid Raja Sultan Riau atau Masjid Putih Telur yang merupakan bangunan bersejarah. Dikatakan sebagai Masjid Putih Telur karena masjid ini hanya menggunakan kuning telur sebagai cat dan putih telur untuk perekat materialnya. Selain itu, masih terdapat destinasi wisata sejarah lainnya seperti Balai Adat Melayu, Istana Kantor, serta Benteng Pertahanan.

7. Bintan Resort

Salah satu tujuan wisata yang cukup favorit di Kepri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara adalah Pulau Bintan. Di sini Anda bisa mengunjungi Bintan Resort yang luasnya mencapai 23.000 ha. Pemandangannya yang langsung menghadap ke arah laut, pasir putihnya yang dikombinasikan dengan birunya air laut, membuat pesonanya semakin menakjubkan.

Untuk fasilitas dan akomodasi, Anda tidak perlu khawatir. Mungkin Anda akan merogoh kocek lebih, namun Anda bisa menikmati fasilitas serta akomodasi yang mewah di tempat wisata ini. Mulai dari memancing, barbeque, mengunjungi habitat rusa dan lain-lain, ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di sini.

8. Kampung Vietnam di Pulau Galang

Pulau Galang memang terkenal dengan objek wisatanya yaitu Kampung Vietnam. Wisata ini sebenarnya merupakan kamp pengungsian yang terbentuk saat terjadinya perang saudara Vietnam di tahun 1979-1996. Tempat inilah yang kemudian menjadi tempat menampung bagi para pengungsi perang tersebut.

Kemudian, pemerintah Indonesia mendirikan kamp pengungsian yang cukup lengkap, mulai dari rumah sakit, barak-barak, sekolah, tempat ibadah, bahkan penjara di sini. Saat ini, tempat pengungsian tersebut telah berkembang menjadi salah satu objek wisata sejarah yang menarik di kawasan Batam.

Hilangkan Penat dan Nikmatilah Liburan Anda

Ada banyak tempat-tempat wisata di Indonesia yang dapat Anda jadikan sebagai tujuan dalam berlibur dan menghabiskan waktu untuk bersantai menikmati keindahan alam Nusantara. Anda bisa menjadwalkan perjalanan liburan dari jauh-jauh hari, agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Dengan demikian, Anda akan benar-benar menikmatinya dan kembali dari berlibur dengan energi baru yang lebih segar. Jadi, rencanakanlah liburan sematang mungkin, sehingga momen liburan akan terasa menyenangkan.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan

Liburan Itu Penting Lho, Ini 7 Alasannya!

Mau Dapat Penginapan Murah Saat Liburan? Ini Caranya!

Published by

    Berita Terkait

    Terpopuler

    Terkini