Hii, Alis Ternyata Bisa Ketombean Juga, Lho

Gejala ketombe alis hampir sama dengan ketombe di rambut.

Suara.Com
Vania Rossa
Hii, Alis Ternyata Bisa Ketombean Juga, Lho
Ilustrasi alis. (shutterstock)

Suara.com - Tahukah Anda, ketombe ternyata tak hanya bisa muncul di kulit kepala, tetapi juga bisa muncul di alis. Gejala awalnya hampir sama dengan ketombe yang muncul di kulit kepala, yaitu gatal hingga kemerahan.

Dalam istilah kedokteran, ketombe alis alias eyebrow dandruff disebut dengan blepharitis. Penyebab yang paling umum adalah bakteri atau infeksi jamur yang meradang.

Munculnya ketombe alis disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kulit kering, kadar minyak berlebih, hingga kebersihan alat makeup yang tidak terawat. Selain itu, untuk kondisi yang sudah parah, ketombe alis juga bisa disebabkan oleh Psoriasis.

Psoriasis adalah salah satu penyakit kulit kronis yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Biasanya psoriasis dijumpai pada daerah siku, lutut, kulit kepala, dan alis.

Penyakit psoriasis ditandai dengan kulit menjadi kering, mengelupas, meradang, menebal, dan muncul ketombe.

Cara mengatasi ketombe alis yang paling umum dijumpai adalah membersihkan alis dengan rutin menggunakan sampo khusus ketombe. Iya, mirip seperti mengatasi ketombe di kulit kepala. Anda bisa memilih sampo yang memiliki kandungan zinc dan mengaplikasikannya sehari sekali.

Sampo bayi juga ampuh mengangkat minyak yang menumpuk di area alis, yang merupakan penyebab ketombe. Campurkan sedikit sampo bayi dengan air, setelah itu celupkan cotton bud pada campuran tersebut. Diamkan beberapa detik, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini