Pesona Kawah Putih Tinggi Raja Tidak Kalah dengan yang di Bandung Lho

Bagaimana asal mula kawah putih di Tinggi Raja Sumatera Utara ini?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami
Pesona Kawah Putih Tinggi Raja Tidak Kalah dengan yang di Bandung Lho
Wisata kawah putih di Tinggi Raja, Sumatera Utara. (Suara.com/Silfa Humairah)

Suara.com - Kawah Putih Bandung memang cukup terkenal dan menjadi daya tarik tersendiri saat wisatawan lokal maupun mancanegara mengunjungi kota Paris Van Java tersebut, namun ternyata wisata kawah putih yang mirip juga dimiliki Sumatera Utara tepatnya di Tinggi Raja.

Tinggi Raja mungkin belum terkenal dibandingkan tempat wisata lain di Sumatera Utara, seperti Danau Toba, namun di sana ada kawah cantik berwarna biru dan dikelilingi gundukan bukit putih belerang atau disebut bukit kapur atau salju panas oleh warga setempat.

wisata Kawah Putih Tinggi Raja, Simalungun berada di tengah hutan belantara, ada kawasan belerang biru tersendiri yang membuatnya semakin menarik.

Tanah yang awalnya datar pun merosot hingga membuat kedalaman hampir 10 meter dan dialiri belerang kemudian membentuk  kawah putih. Kini kawasan tersebut dikunjungi wisatawan yang penasaran melihat kawah yang memiliki warna biru yang cerah, bak melihat langit, dengan air tak punya noda setitik pun.

Bukit Kapur mengaliri air panas dari sumber mata air belerang yang berada di atas bukit tersebut.

Tinggi Raja merupakan cagar alam yang berada di Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun. Waktu tempuh dari kota Medan diperkirakan antara 3-4 jam.

Pengunjung yang datang bukan hanya wisatawan lokal tetapi juga mancanegara untuk melihat keindahan sekaligus keajaiban wisata kawah putih di Tinggi Raja Sumatera Utara tersebut.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini