Jangan Asal Pilih Biro Perjalanan Umroh, Ini 4 Tipsnya

Bagaimana mewaspadai dan tidak tertipu agen perjalanan umroh dan haji?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Risna Halidi
Jangan Asal Pilih Biro Perjalanan Umroh, Ini 4 Tipsnya
Ilustrasi memilih agen perjalanan umroh dan haji. [Shutterstock]

Suara.com - Sejarah mencatat, ada puluhan ribu masyarakat Indonesia yang tertipu agen perjalanan umroh dan haji karena diiming-imingi harga yang sangat murah.

Itulah mengapa masyarakat harus lebih berhati-hati saat memilih biro perjalanan agar tidak tertipu di kemudian hari.

Dikurasi Suara.com di acara Moslem Travel Fair 2019 di Summarecon Mall Bekasi, Rabu, (9/1/3019) kemarin, berikut adalah empat hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih biro perjalanan.

1. Pastikan lima hal ini

Pertama, pastikan biro perjalanan umrah dan haji yang Anda pilih telah mematuhi kriteria lima pasti yaitu; pastikan travel memiliki izin, pastikan penerbangan dan jadual keberangkatan, pasti program layanannya, pastikan letak hotel, dan pasti visa terurus dengan baik.

2. Jangan tertipu promo

Muslim Product Specialist RH Tour and Travel, Fajar Andriansyah, mengatakan bahwa masyarakat jangan tertipu dengan promo berlebihan yang diberikan oleh biro travel. Apalagi kalau harga yang ditawarkan di luar akan sehat. "Harga sangat berpengaruh, jangan main asal murah," kata Fajar kepada Suara.com.

3. Harga pengaruhi kualitas

Kalaupun mendapat harga di bawah rata-rata, coba pastikan fasilitas apa saja yang didapatkan. Beberapa biro travel memberikan harga miring dengan fasilitas hotel bintang lima, tetapi memiliki jarak yang jauh dengan pusat ibadah.

4. Pastikan rekam jejak

Keempat dan yang terakhir, pastikan rekam jejak biro perjalanan baik dan tidak memiliki sejarah yang buruk. Untuk biro perjalanan baru, tanya dengan operator mana mereka bekerja sama dan pastikan operator juga memiliki rekam jejak yang baik.

Jadi dengan memperhatikan dan mengikuti tips di atas, Anda bisa mewaspadai dan tidak tertipu agen perjalanan umroh dan haji.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini