Tren Dekorasi Pernikahan 2019: Minimalis, Simpel dan Berwarna Pastel

Dekorasi pernikahan minimalis justru lebih menguras budget ketimbang dekorasi pada umumnya.

Suara.Com
Ade Indra Kusuma | Firsta Nodia
Tren Dekorasi Pernikahan 2019: Minimalis, Simpel dan Berwarna Pastel
Ilustrasi dekorasi pernikahan, wedding decoration, pelaminan [shutterstock]

Suara.com - Setiap tahunnya, tren pernikahan di Indonesia selalu berubah-ubah. Jika dulu konsep pernikahan modern menjadi idaman calon pengantin, maka pada tahun lalu tren ini digantikan dengan konsep rustic dan tradisonal. Lalu bagaimana prediksi  tren dekorasi pernikahan di 2019?

Resti Nendia selaku owner dari Nendia Primarasa yang menggawangi wedding organizer dan catering mengatakan bahwa tahun ini konsep dekorasi pernikahan yang akan tren adalah minimalis. Menurut dia banyak calon pengantin yang mendambakan pernikahannya simpel tapi bermakna.

"Yang banyak request ke Nendia kebanyakan minimalis. Tapi ini namanya saja karena sebenarnya mahal secara nilai. Karena konsepnya baru jadi kita benar-benar bikin yang baru untuk backgroundnya," ujar Resti ditemui dalam pameran Wedding Carnaval di Balai Sudirman, Jakarta, Jumat (11/1/2018).

Menurut Resti ini berbeda dengan pernikahan berkonsep Jawa Tradisional yang untuk dekor pelaminannya sudah dimiliki setiap wedding organizer. Itu sebabnya bagi dekorasi pernikahan minimalis cenderung lebih menguras budget ketimbang dekorasi pada umumnya.

"Dulu ukiran yang Eropa atau rumit. Tapi memang sekarang lebih minimalis, ada bunga-bunga berwarna pastel sehingga kesannya tetap mewah dan elegan. Malah lebih mahal karena berkonsep sehingga biasanya kita buat baru," tambah dia.

Meski demikian untuk busana pernikahannya sendiri, Resti memprediksi konsep tradisional masih tetap dipakai para calon pengantin. Kebanyakan kata dia, calon pengantin menginginkan pernikahan adat dipakai di saat akad.

"Tahun ini saya lihat mungkin pengantin walau mereka mau tema nasional atau modern mereka tidak menghilangkan tradisional. Bisa dilihat resepsi mungkin nasional tapi akad lebih ke tradisonal," tambah dia.

Nah jika Anda berencana menikah maka Resti mengingatkan untuk jauh-jauh hari mempersiapkannya. Menurut dia banyaknya pameran pernikahan bisa menjadi kesempatan yang tepat bagi calon pengantin untuk mendapat harga terbaik untuk paket pernikahan.

"Kalau pameran kita memang ada promo menarik. Untuk  calon pengantin yang deal di hari Jumat ini kita beri free Wedding Organizer senilai Rp 15 juta. Ada juga hadiah wedding ring dari penyelenggara pameran untuk calon pengantin yang transaksi di pameran ini," tambah Resti.

Lalu berapa biaya yang harus disiapkan calon pengantin untuk menikah? Nendia Primarasa kata Resti menyediakan paket pernikahan mulai dari Rp 130 juta untuk paket pernikahan 600 orang di gedung. Paket ini sudah termasuk dekorasi, busana pengantin, katering, hiburan hingga dokumentasi.

"Di rumah kita juga bisa standar Rp 110 juta untuk 600 orang. Harganya beda tipis karena umumnya acara pernikahan di rumah bisa seharian sehingga SDM dan persiapannya dua kali lipat dibandingkan acara di gedung," ujar dia.

Untuk menu kateringnya sendiri, Resti mengatakan bahwa Nendia memiliki menu favorit yakni Soto Betawi, Nasi Daun Jeruk, Chocolate Melted untuk dessert dan teh sereh yang begitu segar.

"Kalau mau test food kita ada di pameran ini sampai minggu. Jumat ada menu Ribs Honey Lemon, Sabtu ada Fish Parmigianino dan Minggu ada Salmon Encroutte yang bisa dijajal langsung," tandas dia. 

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini