Selalu Nyeri saat Bercinta? Coba Latihan Fisik Ini Yuk

Apa latihan fisik yang membantu redakan rasa sakit saat berhubungan seks atau bercinta?

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Firsta Nodia
Selalu Nyeri saat Bercinta? Coba Latihan Fisik Ini Yuk
Latihan fisk bisa mengatasi nyeri saat berhubungan seks. (shutterstock)

Suara.com - Memiliki kehidupan seks yang sehat adalah penting bagi lelaki dan kaum hawa, namun kerap kali saat berhubungan seks atau bercinta terasa menyakitkan sehingga menghalangi kaum hawa mendapatkan kepuasan seksual, tapi ada solusi latihan fisik untuk mengatasinya.

Statistik menyebut 2 dari 4 perempuan di dunia mengalami ketakutan untuk berhubungan seksual. Kebanyakan merasa takut karena seks dianggap menyakitkan terutama bagi kaum hawa yang baru pertama kali bercinta.

Meski dianggap wajar, nyatanya nyeri saat berhubungan seks juga bisa merujuk pada gangguan yang dikenal sebagai vaginismus. Kondisi ini membuat vagina mengencang sehingga menghalangi penis melakukan penetrasi. Selain itu nyeri saat berhubungan seks juga bisa dipicu oleh endometriosis yakni gangguan yang disebabkan oleh kista di luar ovarium. Penyebab lain juga bisa dipicu oleh vagina kering sehingga membuat hubungan seksual menjadi sulit dan menyakitkan.

Nah jika Anda mengalami nyeri saat bercinta selama beberapa kali, maka Anda harus segera menghubungi dokter. Namun ada baiknya Anda juga mencoba beberapa latihan fisik berikut yang diyakini dapat membantu meredakan rasa sakit saat berhubungan seks, seperti dilansir TimesofIndia.

1. Yoga Balasana

Salah satu aktivitas yang harus dilakukan untuk menurunkan rasa sakit adalah memberi tekanan pada otot-otot panggul melalui yoga. Cobalah pose Balasana saat melakukan yoga. Pose ini diyakini efektif untuk meregangkan otot panggul Anda.

Anda bisa mempraktikkan pose ini dengan berlutut lalu secara perlahan bawalah lengan Anda untuk mencapai lutut. Kemudian cobalah untuk menyentuh lantai dan tarik napas dalam-dalam. Usahakan untuk tetap dalam posisi ini selama 30 detik hingga dua menit.

2. Pose Bayi Bahagia

Pose ini juga diyakini dapat menurunkan rasa sakit saat bercinta. Caranya berbaringlah lurus lalu bawa lutut Anda menyentuh perut. Tarik napas dan angkat kaki ke atas. Saat Anda melakukannya, bawa lengan Anda untuk menyentuh kaki.

3. Olah napas diafragma

Diafragma adalah otot yang terletak di antara dada dan panggul. Saat Anda bernapas secara diafragma, panggul mendapat kesempatan untuk meregang dan rileks. Untuk melakukan latihan ini, letakkan satu tangan di dada dan satu tangan lainnya di perut. Tarik napas dalam-dalam untuk melonggarkan diafragma. Latihan ini bisa dilakukan beberapa kali dan bahkan dipraktikkan saat berhubungan seks.

4. Senam Kegel

Latihan kegel telah dikenal sebagai upaya efektif untuk mengendurkan otot-otot vagina dan membuka vagina selama hubungan intim. Senam ini juga membantu meningkatkan sirkulasi darah di sekitar organ intim dan membantu tubuh menghasilkan pelumas lebih banyak sehingga membuat pengalaman lebih menyenangkan. Selamat mencoba!

Jadi Anda bisa mencoba latihan fisik di atas terlebih dahulu untuk mengatasi nyeri saat berhubungan seks atau bercinta. 

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini