Kamis, 24 Januari 2019

Kenapa Sabun Wajah Lelaki Berbeda dengan Perempuan?

Ternyata, ini bukan sekadar trik marketing.

Suara.Com
Vania Rossa
Kenapa Sabun Wajah Lelaki Berbeda dengan Perempuan?
Ilustrasi lelaki membersihkan wajah. (Shutterstock)

Suara.com - Belakangan, semakin banyak lelaki yang rajin melakukan perawatan wajah , sehingga urusan membersihkan wajah dengan sabun, mereka sama telatennya dengan perempuan. Lalu, haruskah menggunakan sabun wajah khusus lelaki?

Ternyata, bukan tanpa alasan kenapa para produsen kosmetik menciptakan produk perawatan wajah yang berbeda untuk lelaki. Itu karena kulit lelaki berbeda dengan kulit perempuan. Bukan hanya pada struktur kulit, tapi jenis kulitnya pun berbeda.

Stimulasi hormon testosteron pada lelaki menyebabkan kulit lelaki lebih tebal 25 persen dibandingkan kulit perempuan. Selain itu, tekstur kulit lelaki juga lebih keras. Perbedaan lain terdapat pada tingkat dan produksi minyak pada kulit wajah lelaki. Setelah pubertas, produksi sebum pada lelaki akan lebih banyak daripada perempuan.

Dr. Anjali Mahto, konsultan dermatolog di Cadogan Cosmetics, menerangkan bahwa lelaki juga memiliki lebih banyak folikel rambut dan kelenjar minyak, sehingga kulit lelaki lebih berminyak daripada kulit perempuan.

Tanpa memandang usia, kulit lelaki memiliki kandungan kolagen yang lebih tinggi dibandingkan perempuan. Karena kandungan kolagen secara langsung berhubungan dengan tanda-tanda penuaan kulit, maka kulit perempuan sebenarnya menua 15 tahun lebih cepat dibandingkan kulit lelaki. Tapi, karena banyak lelaki yang abai soal perawatan kulit, terutama soal paparan sinar matahari, perbedaan usia 15 tahun pada kulit ini sebenarnya hampir tidak terlihat.

Nah, karena tekstur kulit lelaki yang lebih tebal dan keras, kaum lelaki sebenarnya tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan perawatan wajah. Dan, kaum lelaki sebenarnya tidak membutuhkan sabun khusus untuk wajahnya, karena mereka bisa menggunakan sabun apapun, termasuk sabun untuk tubuh, untuk membersihkan wajahnya.

Kaum lelaki sebenarnya bisa saja menggunakan sabun wajah untuk perempuan, karena bahan-bahan dasarnya hampir sama, seperti senyawa sabun, asam lemak, dan surfaktan sintetis yang dapat membantu pelarutan jika terkena air. Namun, karena perempuan memiliki kulit yang lebih rentan dibandingkan lelaki, maka perempuan sebaiknya tidak memakai sabun wajah khusus lelaki. Produk-produk tersebut dirancang untuk kulit yang tebal dan berminyak, sehingga mungkin akan terlalu keras bagi kulit perempuan dan malah menyebabkan iritasi.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini