Kamis, 17 Januari 2019

Rammang-Rammang, Pemandangan Karst di Sulawesi yang Indahnya Bergaransi

Selain menyajikan pegunungan kapur yang indah sejauh mata memandang, sunrise juga tersaji di sini lho

Suara.Com
Ade Indra Kusuma
Rammang-Rammang, Pemandangan Karst di Sulawesi yang Indahnya Bergaransi
Pegunungan karst Rammang-Rammang [Shutterstock]

Suara.com - Rammang-Rammang adalah destinasi wisata Karst (batu kapur) di Maros-Pangkep, desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, atau sekitar 40 km utara Kota Makassar .

Rammang-Rammang  tercatat sebagai pegunungan karst terluas ketiga di dunia, yang mencapai 45.000 hektare setelah Tsingy di Madagaskar dan Shilin di Cina. UNESCO juga telah memasukkan pegunungan karst Rammang Rammang ini sebagai World Heritage Site.

Di sini, wisatawan dapat melihat pegunungan karst atau batu kapur yang menjulang dan ditumbuhi vegetasi lebat.

Selain menyajikan pegunungan kapur yang indah sejauh mata memandang, sunrise juga tersaji di sini lho. So, agar tak terlewat menikmati matahari terbit, sebaiknya kamu datang pagi-pagi ke sini.

Untuk mencapai Rammang-Rammang, wisatawan harus rela menempuh perjalanan selama dua jam lamanya dengan menggunakan motor.

Kemudian, sesampainya di Rammang-Rammang, pengunjung dapat menyewa kapal dan berkeliling area Rammang-Rammang lewat Sungai Pute.

Kampung Rammang-Rammang Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (19/2).
Kampung Rammang-Rammang Maros, Sulawesi Selatan [suara.com].

Melalui sungai ini jugalah, wisatawan dapat mengunjungi dua taman hutan batu kapur yang ada, telaga Bidadari, gua Bulu' Barakka', gua Telapak Tangan, gua Pasaung, dan desa Berua.

Kata Rammang-Rammang berasal dari Bahasa Makassar, yaitu sekumpulan awan atau kabut. Terlihat dari kondisi Rammang-Rammang yang selalu berkabut setiap paginya, bahkan di setiap musim apa pun. Yang membuat Rammang-Rammang terkenal adalah adanya pegunungan karst yang mengitari wilayah ini, baik di sisi darat maupun sungainya. Kondisi lingkungan tersebut membuat pemandangan Rammang-Rammang begitu indah dan eksotis.

Ada banyak fosil yang ditemukan di gua-gua yang ada di Rammang Rammang dan menjadi bagian peninggalan sejarah manusia purba di Sulawesi Selatan. Buat kamu yang suka fotografi, Rammang Rammang ini merupakan objek foto yang Instagrammable sekali

Travelers dan fotografer, jika Anda sedang di Makassar atau Sulawesi Selatan, jangan lupa berkunjung ya ke Rammang-Rammang. Pemandangan indahnya bergaransi deh! [Guideku/Amertiya Saraswati]

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini