Sabtu, 16 Februari 2019

Survei: Millennial Hanya Sisakan 10,7 Persen Gaji untuk Menabung

Meski angka menabung tidak tinggi, mereka berpikir soal asuransi.

Suara.Com
RR Ukirsari Manggalani | Firsta Nodia
Survei: Millennial Hanya Sisakan 10,7 Persen Gaji untuk Menabung
Indonesia Millennial Report 2019 [Suara.com/Firsta Nodia].

Suara.com - Selain menghadirkan pembicara yang beragam, Indonesia Millennial Summit ( IMS ) 2019 yang dihelat IDN Times juga mempublikasikan laporan Indonesia Millennial Report 2019 yang dilakukan IDN Research Institute bekerjasama dengan Alvara Research Center.

Chief Operations Officer (COO) IDN Media, William Utomo mengatakan ada berbagai aspek dari milenial yang disorot melalui hasil survei ini mulai dari pandangan politik, karir, pemanfaatan teknologi hingga kebiasaan menabung.

Nah yang menarik, survei yang melibatkan 1.400-an responden di 12 kota ini menemukan fakta bahwa milenial umumnya menggunakan lebih dari separuh gajinya untuk biaya hidup sehari-hari.

"51,1 persen dari gaji milenial digunakan untuk biaya hidup. Sementara porsi untuk menabung hanya 10,7 persen dari gaji," ujar William Utomo saat membuka IMS 2019, di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Sabtu (19/1/2019).

Meski cenderung tidak menabung, millenial ternyata masih memikirkan masa depan. Hal ini terlihat dari hasil survei yang menyebut bahwa 6,8 persen dari gaji para milenial digunakan untuk membayar asuransi.

William Utomo menyebut bahwa 24 persen populasi Indonesia merupakan generasi milenial. Ia pun mengelompokkan milenial dalam dua kelompok yakni usia 20 - 35 tahun sebagai milenial junior dan usia 28 - 35 tahun sebagai milenial senior.

"Jadi setiap kelompok milenial ini juga memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Sehingga kami harap hasil temuan ini digunakan milenial untuk memajukan Indonesia," tandas William Utomo.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini