Sabtu, 16 Februari 2019

Jusuf Kalla Sebut Pengaruh Teknologi Cukup Besar untuk Millenial

Teknologi berpengaruh pada millenial dan sebaliknya, ini menurut Jusuf Kalla!

Suara.Com
Silfa Humairah Utami | Firsta Nodia
Jusuf Kalla Sebut Pengaruh Teknologi Cukup Besar untuk Millenial
Pertemuan independen Indonesia Millenial Summit 2019 turut berkontribusi dalam memajukan Indonesia di bidang politik jelang pemilihan presiden. (Suara.com/Firsta Putri Nodia)

Suara.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Indonesia Millenial Summit (IMS) 2019 pada Sabtu (19/1/2019), dalam pidatonya, Jusuf Kalla mengatakan bahwa milenial timbul karena pengaruh teknologi . Di sisi lain, generasi milenial juga turut memengaruhi teknologi yang ada saat ini. 

"Apabila berbicara tentang milenial maka kita berbicara perannya apa dan apa yang bisa dilakukan ke depan lebih baik untuk bangsa," ujar Wapres Jusuf Kalla di IMS 2019 di Jakarta, Sabtu (19/1/2019).

Kalla mengakui bahwa banyak perubahan yang timbul akibat perubahan teknologi. Tak hanya gaya hidup, teknologi kata Kalla juga memengaruhi spirit dalam kewirausahaan. Hal ini terlihat dari banyaknya pengusaha yang terjun di bidang start up di mana bergantung pada teknologi. 

"Ini merubah gaya hidup, sistem dan masa depan. Saya mengapresiasi pertemuan ini untuk memberikan pandangan yang sama dan harapan yang besar. Apabila kita tidak mengikuti perkembangan teknologi yang ada maka kita ketinggalan karena perkembangannya sangat cepat," imbuh dia.

Sebagai pengusaha, Kalla pun mengenang bahwa dirinya pernah salah mengambil keputusan karena tidak percaya teknologi. Saat itu Ia membidangi usaha telekomunikasi yang masih menggunakan kabel. Dia tak menyangka bahwa teknologi berkembang sangat cepat dan mau tak mau pengusaha harus menyesuaikannya.

"Waktu itu telekomunikasi wireless masih terbatas orang punya. Tapi beberapa tahun kemudian handphone masuk dan tidak ada telepon yang berdering di rumah. Semua berubah, untung saya sudah jual (usaha itu) sehingga saya tidak rugi," tambah dia.

Fenomena yang ia sebut revolusi entrepreneurship ini kata dia lebih banyak dipegang oleh generasi muda karena kelompok ini lebih menguasai teknologi. Itu sebabnya Ia berharap generasi muda untuk bersiap menghadapi perubahan yang terjadi di masa depan.

"Tentu kita bicara perannya dan apa yang kita lakukan lebih baik untuk bangsa ini. Banyak hal yang timbul dari akibat perubahan-perubahan teknologi yang dahsyat karena millenial dan sebaliknya," tandas Jusuf Kalla.

Baca Juga

Berita Terkait

Terpopuler

Terkini